Mohon tunggu...
FIRITRI
FIRITRI Mohon Tunggu... Penulis, Penulis Mojokerto, Blogger dan Pembawa Acara yang tertarik dalam Human Interest, Budaya serta Lingkungan

Penulis, Penulis Mojokerto, Blogger dan Pembawa Acara yang tertarik dalam Human Interest, Budaya serta Lingkungan

Selanjutnya

Tutup

Sosbud Pilihan

Komando Hayam Wuruk dan Mars Veteran yang Dilupakan

10 Agustus 2020   08:27 Diperbarui: 10 Agustus 2020   08:35 13 2 0 Mohon Tunggu...

Bangganya di Pacet banyak nama jalan yang menggambarkan perjuangan. Mulai Pandanarum hingga Pacet, nama jalannya adalah "Jalan Komando Hayam Wuruk". Ada juga Jalan Yon Cipto di daerah Padusan Pacet.

Daaan, masih banyak lagi kok. Juga monumennya.

Saya berfoto di desa Wiyu Kecamatan Pacet. Lokasi yang berbukit-bukit di ketinggian. Sangat strategis untuk menjadikan basis pertahanan. Karena di tempat yang tinggi dapat melihat jelas apa yang terjadi di bawahnya.

Nah, 1949 adalah masa kelam dalam mempertahankan kemerdekaan. Belanda ingin menguasai Indonesia kembali. Menyerang dengan kekuatan penuh menggunakan alat tempur hibah Amerika.

Saat itu Belanda kan miskin sejati, jadi waktu dapat hibah dari Amerika tidak ada biaya untuk merubah alat hingga seragamnya. Jadi masih bertuliskan US MARINES!!

Kita yang masih baru merdeka masih kesulitan alat tempur. Sangat tidak imbang. Yang dilakukan adalah Pukul Lari......Strategi yang efektif untuk melawan musuh yang sangat besar dan kuat.

Mental Belanda yang lemah menjadi ketakutan karena saat lengah pasti terjadi penyerangan.

Nah, yang menerima perintah Operasi Komando Hayam Wuruk ini adalah Mayor Pamoe Rahardjo. Tujuannya adalah menguasai daerah Mojosari. Karena Mojosari tempat strategis jalur Malang-Surabaya-Mojokerto dan lainnya selalu melewati Mojosari.

Brigade lapis baja Belanda akan kesulitan jika Mojosari dikuasai Indonesia.

Komando Hayam Wuruk ini dibentuk dengan semangat kejayaan Majapahit saat pemerintahan Hayam Wuruk. Dengan beberapa Batalyon yang mudah dikenal dengan nama Komandannya, Operasi militer ini sangat efektif untuk mengganggu hegemoni Belanda di Mojosari.

Batalyon (Yon) Mansyur Solichi, Yon Tjipto, Yon Bambang Juwono. Operasi yang dianggap hantu oleh Belanda. Musuh yang membahayakan waktu itu adalah warga sekitar yang bekerja untuk Belanda.

Menjadi mata-mata. Data dari pengkhianat ini menjadikan 1/3 kekuatan Komando Hayam Wuruk hancur lebur. Untungnya ada tambahan kekuatan dari Yon Munasir dan Yon Isa Idris.

Itu sekelumit cerita Komando Hayam Wuruk yang melegenda. Saat ini salah satu monumen yang terkenal berada di Pacet pertigaan utara Markas Koramil. Sayang Monumen itu kurang terawat.

Hari ini adalah hari di mana Indonesia dan Belanda menghentikan tembak menembak. Untuk itu diperingati sebagai Hari Veteran Nasional. karena veteran adalah orang yang turut bertempur melawan agresor asing. Saat ini banyak yang melupakan bahkan tidak tahu kiprak Komando Hayam Wuruk dalam mengusir penjajah. 

Begitu juga Mars Veteran yang dibanggakan para veteran. 

Padahal,

Sangat sulit saat ini menjadi veteran karena Indonesia sudah tidak ada ancaman militer dari negara luar.

Perjuangan para veteran diabadikan oleh S ISghandhi dan M Sarbini dalam Mars Veteran. Saya mencari lagu ini lamaaa sekali....browsing di internet dan hasilnya tidak ada.....

Alhamdulillah ada teman yang hapal lagu ini. Saya tulis agar ada jejak digital bahwa lagu ini tidak punah.

MARS VETERAN

Veteran Pejuang Kemerdekaan Republik Indonesia
Pengusir lawan, penghimpun kawan PEJUANG EMPAT LIMA
Veteran berarti prajurit inti angkatan revolusi
Jarang menyerah pada penjajah Pembela Proklamasi

Veteran Pembela kemerdekaan Republik Indonesia
Bertekad bulat mempertahankan Negara Pancasila
Jangan berbuat serta bekerja kita amalkan AMPERA
Marga kode kehormatan Veteran Indonesia

Bimbinglah angkat penerus kita
Wariskan semangat jiwa empatlima
Ikhlas berkorban 'tuk cita-cita Indonesia Jaya
Hidup Pancasila

Selamat ari veteran.......Bangga menjadi warga Mojokerto dengan Komando Hayam Wuruk yang turut mempertahankan Indonesia.....
#penulis #mojokerto #firi #firitri #humaninterest #perempuan #menulis #penulismojokerto #cerita #ceritamojokerto #penulis_mojokerto #kisah #character #womaninwork #writing #writer #female #woman #veteran #hariveteran

VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x