Mohon tunggu...
FIRITRI
FIRITRI Mohon Tunggu... Penulis, Penulis Mojokerto, Blogger dan Pembawa Acara yang tertarik dalam Human Interest, Budaya serta Lingkungan

Penulis, Penulis Mojokerto, Blogger dan Pembawa Acara yang tertarik dalam Human Interest, Budaya serta Lingkungan

Selanjutnya

Tutup

Humaniora

Bupati Mojokerto Menjadi Sopir Dadakan dan Mobil Mendaki Mundur

29 Januari 2020   12:43 Diperbarui: 29 Januari 2020   12:44 13 0 0 Mohon Tunggu...
Bupati Mojokerto Menjadi Sopir Dadakan dan Mobil Mendaki Mundur
Dokpri

Tadi malam saya sempat ngebut untuk menyelesaikan buku saya Jembatan penting di Mojokerto.

Saat menulis bagian Jembatan cangar ada kisah menarik. saat itu Bupati Mojokerto yang mencetuskan harus ada jalan tembus antara Pacet-Batu melihat progres pembangunan jalan.

1978.........sekarang saja Cangar dipenuhi dengan tanjakan dan tikungan yang mengerikan, apalagi saat itu. Jalan masih belum ada hanya ada pekerja manual yang meratakan dan memadatkan tanah yang digempur.

Bupati saat itu adalah HD Fatchurrochman, mengajak jajarannya melihat proses pembangunan jalan dan jembatan itu. Menggunakan kendaran segala medan yaitu Land Rover sang supir percaya diri.

Saat di tanjakan curam dengan tikungan tajam dan jalan terjal, mobil hebat itu tidak dapat maju lagi terancam melorot ke belakang dan di kanan jalan ada jurang yang siap menampung .

Sang sopir pucat.....apalagi penumpangnya. Semakin berusaha memajukan mobil semakin mobil melorot. Penumpang panik semua.... kecualii....

Bupati Fatchurrochman.......Dengan tenang tapi nada tinggi memarahi sang sopir, "Sopir gemblung.....pirang puluh tahun nyekel mobil.....tetep ora iso." (Sopir gemblung, berapa puluh tahun pegang mobil tetap nggak bisa saja)

Bupati menyuruh sopir menghentikan mobil memasang rem tangan dan berpindah posisi karena mobil akan disopiri langsung oleh Bupati.

Semua penumpang yang terdiri dari pejabat pemkab Mojokerto semakin takut. Paling taku saat itu adalah Sekretaris Daerah Drs Soekardi.

Jabatan pun berpindah...Bupati Fatchurrochman sekarang menjadi sopir....

yang dilakukannya adalah...................mundur jauuuuh....dan memutar mobil.

Lalu......

Mobil dijalankan mundur untuk mendaki tanjakan curam dan tikungan tajam itu.....banyak penumpang yang menjerit-jerit . Jalannya kan masih sempit, terjal curam dan jurang sudah siap menelan.

Ternyata, mobil berjalan dengan lancar. Sang sopir heran kok bisa-bisanya mobil dijalankan mundur seperti itu. Nggak perlu heran lah, Kolonel (Kav) HD Fatchurrochman kan angkatan pertama di pendidikan Kavaleri Bandung.

Saat pendidikan diajarkan bagaimana mengemudikan kendaraan dalam medan sesulit apapun, jadi paham betul dengan teori itu.

Saya mencoba browsing ternyata sampai sekarang saya tidak menemukan metode mendaki jalan curam dengan gigi mundur....kemungkinan hanya untuk militer ya.

Tapi kalau di logika dengan perhitungan memang ternyata gigi mundur lebih efektif untuk tanjakan. Dengan memperhitungkan Gigi Counter Gear Input, Gigi Counter Gear mundur, Gigi Percepatan Mundur, Idle Gear....Gigi 1 untuk maju jika berputar 1,458 putaran, Gigi Mundur 3,146 putaran. Lebih kuat kan.....

Aneh-aneh ya...... jadi tahu kisah-kisah unik ini... (firitri) #penulis #mojokerto #keberterimaan #risiko #peluang #firi #firitri #mc #humaninterest #public_speaking #cerita #perempuan #libur #kacamata #menulis #kekuatan #puri #lokal #budaya #lupa #cinta #panas #penulismojokerto #penulis_mojokerto

VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x