Mohon tunggu...
FIRITRI
FIRITRI Mohon Tunggu... Administrasi - Penulis, Penulis Mojokerto, Blogger dan Pembawa Acara yang tertarik dalam Human Interest, Budaya serta Lingkungan

Penulis, Penulis Mojokerto, Blogger dan Pembawa Acara yang tertarik dalam Human Interest, Budaya serta Lingkungan

Selanjutnya

Tutup

Gadget

Kuno, Jadul, dan Optimalisasi

25 Oktober 2019   07:04 Diperbarui: 25 Oktober 2019   07:25 17
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.


25 Oktober 2001 berarti 18 tahun yang lalu Microsoft meluncurkan Sistem Operasi WIndows XP. Saat itu saya masih menggunakan Windows 98 yang under DOS 6.2.2. Kadang saya di kantor juga merasakan WIndows 2000 yang berbasis NT stabil tapi kaku karena saya juga suka memainkan game di komputer sulit di NT.

Ohh, akhirnya datang XP yang menggabungkan keduanya antara 98 dan NT....asyiiik. Tampilan yang lembut di mata, kecepatan yang tidak jauh beda dengan 98 karena tidak haus RAM memudahkan saya melakukan segalanya.

Sekarang.....18 tahun berlalu...Sudah ada banyak versi Windows mulai VIsta, 7, 8, hingga 10....dan, saya tetap memakai XP. Kuno? Iya...perkembangan jaman? mengikuti kok.

Saya memang sudah memakai Windows 7 64bit di salah satu PC dan Windows 7 ini pun rencana akan "disuntik mati" dalam waktu dekat. Saya juga masih memakai XP untuk pekerjaan yang lain karena ringan dan grrrrrrrratis .

Saya dengan XP tidak terlalu ribet mengurusi firewall keamanan akses yang rumit, toh saya adalah seorang penulis yang hanya memakai tulisan untuk menggambarkan dan menceritakan sesuatu. Bukan untuk grafis yang rumit, programing dan database. Hanya menulis hehehe..menyedihkan ya kemampuan saya. 

Jadi saya tidak takut akan virus, kehilangan data (karena selalu saya back up) dan kecurian data toh data tulisan dan foto saya selalu saya simpan di cloud dan media sosial saya.

Akses internet? lho..lho...sekarang kan jamannya API (Application Programming Interface) yang berarti saya hanya butuh browser seperti Chrome, Firefox, Opera dan lainnya untuk membuka semua aplikasi.....jadi aplikasi jaman sekarang hanya membutuhkan akses internet, amaaaaan. 

Ya memang ada kesulitan dengan beberapa driver perangkat baru yang tidak dapat saya jalankan tapi itu tidak masalah dengan perangkat baru saya bisa melakukannya untuk bekerja ringan saya tetap memakai XP.

Jadi, kok saya cerita tentang komputer dan windows saja....Saya hanya ingin menyampaikan, jikalau kita seharusnya dapat mengoptimalkan apapun yang ada di sekitar kita salah satunya komputer kuno dengan sistem operasi Windows XP saja. Ada banyak aplikasi di dalamnya. Juga seperti ponsel pintar kita. Membeli sesuatu dulu saya lakukan untuk gaya termasuk ponsel pintar paling muktakhir. 

Akhirnya ponsel pintar itu saya hanya saya pakai aplikasi komunkasi Whatsapp, jejaring sosial seperti FB, IG dan twitter serta mengambil gambar. Untuk pekerjaan? hehe malu saya.....

Sekarang saya mulai belajar menggunakannya secara optimal. Dokumen saya kendalikan melalui aplikasi Trello yang gratis, untuk catatan rapat saya suka menggunakan mind mapper untuk ini saya juga ambil gratisan aplikasi simplymind...meremote PC di kantor maupun rumah dan lainnya.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Gadget Selengkapnya
Lihat Gadget Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun