Mohon tunggu...
Andrea Ari Matea
Andrea Ari Matea Mohon Tunggu... The ultimate goal of farming is not the growing of crops, but the cultivation and perfection of human beings.

Mahasiswa FPB UKSW

Selanjutnya

Tutup

Lingkungan

Potensi Tak Terduga Dari Desa Sumberrejo Kecamatan Gunungwungkal Kabupaten Pati

1 November 2020   00:04 Diperbarui: 1 November 2020   00:39 32 4 3 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Potensi Tak Terduga Dari Desa Sumberrejo Kecamatan Gunungwungkal Kabupaten Pati
Kantor kepala Desa Sumberrejo (dokpri)

Desa Sumberrejo merupakan satu diantara 15 Desa yang ada di Kecamatan Gunungwungkal, Kabupaten Pati dengan luas lahan Desa 294,00 Ha, Desa Sumberrejo terdiri dari 5 Dusun diantarannya yaitu Dusun Sentul, Dusun Golong, Dusun Cekelan, Dusun Pegandon dan Dusun Pagungan. Dari total luas lahan di Desa Sumberrejo, 81,64 Ha lahan merupakan area sawah, jika di persentasekan yaitu sebesar 27,77% area sawah dari total wilayah Desa Sumberrejo, area bukan sawah seluas 81,83 Ha atau 27,83%, dan area bukan pertanian seluas 130,53 Ha atau 44,40%.

Desa ini juga merupakan salah satu Desa yang khas dengan penggilingan batunya. Namun bukan berarti semua masyarakatnya berprofesi sebagai kuli batu, namun ada juga yang beternak (ayam, burung puyuh, kambing, dan juga sapi) dan juga pastinya berprofesi sebagai seorang petani yang notabennya sebagai mayoritas pekerjaan di desa Sumberrejo.


Pemerintahan Desa Sumberrejo yang sekarang mencoba mengembangkan sarana infrastruktur jalan yang baru saja dibangun dengan menggunakan beton untuk mempermudah akses jalan warga Sumberrejo, hal ini dikarenakan infrastruktur jalan ini guna untuk kemajuan Desa terutama jalan-jalan disetiap dusun. Wujud dari infrastruktur ini juga menjadi bentuk perhatian perangkat Desa akan banyaknya jalan berlubang yang disebabkan oleh truk-truk pengangkut batu dan juga kayu.


Komoditas pohon ubi mendominasi hingga persentase sekitar 40% dari seluruh komoditas yang ditanam di Dusun Sentul, selainnya di didominasi oleh tanaman peneduh yang diambil kayunya berupa sengon dan jati yang di digabung persentase tanamnya bisa mencapai angka sekitar 23% lalu disusul dengan tanaman buah terutama tanaman pisang dan papaya yang berkisar diangka 19% dari komoditas tanam yang lain. Sedangkan angka persentase selebihnya ada tanaman buah, palawija, serta sayur-sayuran yang lain.

Salah satu lahan pohon ubi di Desa Sumberrejo (dokpri)
Salah satu lahan pohon ubi di Desa Sumberrejo (dokpri)

Berada di daerah lereng perbukitan tak pelak penduduk di Desa Sumberrejo, sebagian besar bermatapecarian adalah petani, dengan Palawija menjadi andalan mereka, selain buah-buahan. Selain itu juga perternakan di jadikan andalan di daerah ini untuk menunjang perekonomian mereka. Seiring dengan berjalannya waktu penduduk daerah sini pun sebagian besar mengalih fungsikan lahan mereka dengan menanam Pohon Ubi, mengingat daerah Pati yang banyak akan pengolahan Pati atau bahan baku Tepung Tapiokanya. Serta tidak ketinggalan akan tanaman sengon laut dan juga jati yang menjadi salah satu pemasok keuangan petani di Desa Sumberrejo.


Desa Sumberrejo merupakan Desa yang menjadikan penggilingan batu sebagai icon Desa. Kenapa tidak? Hal ini dapat dilihat dari banyaknya penggilingn batu yang ada di Desa Sumberrejo. Tidak hanya 1 ataupun 2 saja, namun bisa mencapai 6 buah penggilingan batu yang cukup besar, bahkan 2 diantaranya menjadi yang terbesar di Kabupaten Pati.

Salah satu penggilingan batu di Desa Sumberrejo (dokpri)
Salah satu penggilingan batu di Desa Sumberrejo (dokpri)

VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x