Mohon tunggu...
Andra AthaAkira
Andra AthaAkira Mohon Tunggu... Mahasiswa - Ora Et Labora

I am Economist.

Selanjutnya

Tutup

Edukasi

Mahasiswa KKN Undip Berikan Edukasi Panduan Aktivitas Saat Melakukan Isolasi Mandiri Menggunakan Video Animasi Keren!

29 Juli 2021   08:05 Diperbarui: 29 Juli 2021   12:28 92 0 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Mahasiswa KKN Undip Berikan Edukasi Panduan Aktivitas Saat Melakukan Isolasi Mandiri Menggunakan Video Animasi Keren!
Sosialisasi dan Edukasi Panduan Aktivitas Saat Isolasi Mandiri./Dokpri

Semarang (14/07/2021) – Peningkatan kasus Covid-19 di Indonesia selama akhir Juni 2021 hingga Juli 2021 menunjukan peningkatan yang semakin masif. Kasus terkonfirmasi positif di Indonesia hingga pertengahan Juli menunjukan angka sebesar 54.571 jiwa. Berdasarkan data Kementerian Kesehatan RI, DKI Jakarta, Jawa Tengah, dan Jawa Barat menjadi 3 provinsi yang menyumbang penambahan kasus positif Covid-19 terbanyak di Indonesia. Selain pertambahan secara nasional, Provinsi Jawa Tengah berdasarkan data Kementerian Kesehatan RI menunjukan pertambahan kasus positif sebesar 5.110 jiwa per tanggal 14 Juli 2021.

Kota Semarang sebagai ibu kota Provinsi Jawa Tengah juga merupakan daerah yang rawan dengan persebaran Covid-19 yang tinggi. Tingginya penularan di Kota Semarang membuat banyak fasilitas kesehatan menjadi penuh dan tidak mampu menampung pasien lagi. Kondisi tersebut membuat masyarakat yang terpapar Covid-19 tidak punya pilihan lagi selain melakukan isolasi mandiri di rumah. Menurut badan Kesehatan dunia atau WHO (World Health Organization), isolasi mandiri dapat dilakukan oleh orang yang terpapar Covid-19 yang mengalami gejala ringan atau sedang. Isolasi Mandiri dapat dilakukan selama 10–14 hari hingga tidak muncul kembali gejala dan dinyatakan negatif.

Kelurahan Bojongsalaman, Kecamatan Semarang Barat juga merupakan daerah yang masyarakatnya banyak melakukan isolasi mandiri. Lurah Kelurahan Bojongsalaman bapak Anang Budi Prasetyo memaparkan bahwa kasus positif di Kelurahan Bojongsalaman semakin meningkat dan banyak masyarakat juga yang melakukan isolasi mandiri.

Berdasarkan fenomena tersebut, penting untuk dilakukan  sosialisasi dan edukasi “Panduan Aktivitas yang Dilakukan Saat Isolasi Mandiri” kepada masyarakat baik bagi yang sedang melaksanakan isolasi mandiri, maupun bagi masyarakat yang sehat dan tidak melaksanakan isolasi mandiri dapat dijadikan sebagai pengetahuan atau langkah pencegahan. Sosialisasi dan edukasi ini penting dilakukan sebagai wujud pencegahan kasus kematian atau kesalahan penanganan saat melakukan isolasi mandiri.

Kegiatan sosialisasi dan edukasi “Panduan Aktivitas yang Dilakukan Saat Isolasi Mandiri” dilakukan pada tanggal 14 Juli 2021 di  RT 01/RW 01 Kelurahan Bojongsalaman. Kegiatan sosialisasi dan edukasi tersebut dilakukan secara daring / online, karena himbauan dari P2KKN UNDIP untuk melaksanakan kegiatan KKN secara online di masa PPKM darurat. Pelaksanaan kegiatan sosialisasi dan edukasi tersebut sudah melalui koordinasi dengan Ketua RT 01/RW 01.

Koordinasi dengan Ketua RT 01/RW 01 terkait Pelaksanaan Program Kerja - Dok. pribadi
Koordinasi dengan Ketua RT 01/RW 01 terkait Pelaksanaan Program Kerja - Dok. pribadi

Pelaksanaan program KKN “Sosialisasi Dan Edukasi Panduan Aktivitas yang Dilakukan Saat Isolasi Mandiri’’ ini dilakukan dengan membagikan video animasi di Whatsapp group ibu PKK RT 01/ RW 01, Bapak RT 01 / RW 01, dan Paguyuban Puspanjolo Tengah 5.

Video Sosialisasi dan Edukasi -Dok. pribadi
Video Sosialisasi dan Edukasi -Dok. pribadi

Video Sosialisasi dan Edukasi /Dokpri
Video Sosialisasi dan Edukasi /Dokpri

 Kegiatan sosialisasi dan edukasi yang dilakukan secara daring tersebut  mendapat antusias warga RT 01 RW 01 dan Paguyuban Puspanjolo Tengah 5. Hal tersebut ditunjukan dengan banyaknya respon warga dalam menanggapi sosialisasi dan edukasi tersebut. Diharapkan dengan adanya kegiatan tersebut, masyarakat mampu melakukan tindakan yang tepat jika harus melakukan isolasi mandiri, agar meminimalisir kematian saat isolasi mandiri.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN