Mohon tunggu...
Andi Samsu Rijal
Andi Samsu Rijal Mohon Tunggu... Dosen - Peneliti Bahasa dan Budaya

Seorang Ayah; Pencinta Buku

Selanjutnya

Tutup

Sosbud Pilihan

Apa yang Terkesan Dengan Rizal Ramli?

4 Januari 2024   11:11 Diperbarui: 4 Januari 2024   11:25 69
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Rizal Ramli, sumber; detik news.com

Akhir-akhir ini saya senang scroll media sosial, dan tak sedikit informasi-informasi penting yang mampir di beranda. Salah satunya adalah video singkat Rizal Ramli. Entah secara kebetulan atau circle pencarian saya terkait pendidikan, gerakan mahasiswa, politik, dan ekonomi. Dari video-video yang menghinggapi pikiran saya tersebut, tak sedikit diantaranya saya tonton ulang atau saya unggah. Bahkan sesekali saya masuk di wikipedia mencari siapa dan bagaimana kisah tokoh tersebut.

Entah itu penting atau bermanfaat. Tetapi, ada hal yang menurut saya untuk diambil sebagai pelajaran. Seperti kritikan pedas dari sang ekonom tersebut. Hal tersebut seakan membuka kran berfikir kita, bahwa ada yang seperti ini, ada permasalahan, dan ada pula orang yang mampu menghadirkan data-data statistik serta analisa perekonomian Indonesia dan dunia.

Awalnya saya berfikir, barangkali dengan viralnya video Rizal Ramli sebagai acang pencari dukungan publik untuk kembali ke dunia peerintahan atau ke eksekutif. Hari ini baru saja saya memahami bahwa ternyata Rizal Ramli meninggal dan akan dikenang sebagai orang yang memiliki kritikan pedas. Bahkan ia tidak takut sama sekali mencatut nama-nama pejabat negara kita.

Sebagai generasi yang masih bisa berfikir dan bertindak bahwa saya mengambil hikmah dari gerakan Rizal Ramli tersebut. Dalam artian bahwa jika ada kesempatan memperbaiki diri kenapa tidak, jika ada kesempatan memperbaiki negara kenapa harus orang lain. Perjalanan hidup Rizal Ramli tidak singkat dan juga tidak hanya sedikit meninggalkan kesan kepada generasi selanjutnya.

Olehnya itu, kehidupan tokoh nasional selevel Rizal Ramli penting untuk dipelajari kembali dan dibumikan di manapun dan kapanpun.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Sosbud Selengkapnya
Lihat Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun