Mohon tunggu...
Andi Samsu Rijal
Andi Samsu Rijal Mohon Tunggu... Dosen - Peneliti Bahasa dan Budaya

Seorang Ayah; Pencinta Buku

Selanjutnya

Tutup

Sosbud

Benteng Somba Opu; Menilik Benteng Kesultanan Gowa

5 Desember 2023   11:36 Diperbarui: 5 Desember 2023   11:47 121
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Benteng Somba Opu, sumber gambar; smartcity.com

Benteng Somba Opu merupakan eks benteng kesultanan Gowa yang dibangun oleh Raja Gowa ke-9 pada abad 16 silam. Benteng yang dibangun oleh Daeng Matanre Karaeng Tumapparisi ini terletak di jalan Daeng Tata Kelurahan Somba Opu Kabupaten Gowa, Sulawesi Selatan. 

Sebagai benteng pertahanan kerajaan tentu di sekitarnya dikelilingi rumah-rumah atau kediaman orang kerajaan. Tak hanya berfungsi sebagai benteng pertahanan, benteng tersebut pernah menjadi pusat perniagaan sebab tempatnya yang strategis sebagai tempat berlabuhnya kapal-kapal saudagar Asia dan Eropa.

Dikabarkan benteng tersebut pernah tenggelam beratus-ratus tahun lamanya hingga ditemukan kembali. Sehingga bangunan yang ada saat ini bukanlah bangunan asli seperti di awal pembangunan. Namun beberapa bangunan benteng yang ada masih sebagian original. 

Sebagai tempat bersejarah tentunya di dalam Benteng Somba Opu tersebut terdapat beberapa bangunan unik seperti Baruga Somba Opu itu sendiri, rumah adat Gowa, rumah adat Bone, Selayar, Kajang, Soppeng, Parepare, Majene, Mandar, Toraja dan sebagainya. Selain rumah adat terdapat kuburan Kono pahlawan kerajaan dan juga tidak kalah pentingnya adalah museum Karaeng Pattingalloang.

Benteng tersebut dapat dikata dekat sekali dengan lokasi peradaban masyarakat kota Makassar sehingga siapa pun dapat mengaksesnya baik dengan kendaraan roda dua maupun roda empat. Bahkan tempat tersebut kini menjadi lokasi favorit pengambilan gambar atau lokasi pengkaderan organisasi kemahasiswaan intra dan ekstra kampus di kota Makassar.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Sosbud Selengkapnya
Lihat Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun