Mohon tunggu...
Andi Samsu Rijal
Andi Samsu Rijal Mohon Tunggu... Dosen - Peneliti Bahasa dan Budaya

Seorang Ayah; Pencinta Buku

Selanjutnya

Tutup

Makassar Pilihan

Menikmati Panorama Alam di Taman Prasejarah Leang-Leang

3 Desember 2023   23:31 Diperbarui: 4 Desember 2023   00:08 79
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Taman Prasejarah Leang-Leang, dokumentasi penulis 

Siapa yang tidak kenal dengan bentang alam taman bumi, UNESCO Geopark Maros-Pangkep? 

Dalam gugusan batu karst Geopark Maros -Pangkep tersebut, terdapat di dalamnya atau salah satu taman bersejarah atau taman Prasejarah Leang-Leang Maros. Taman tersebut tidak terlalu luas dan tidak banyak destinasi wisata di dalamnya. Namun perlu diketahui bahwa taman tersebut sungguh indah dan unik. Keindahannya tidak terlepas dari gugusan bukit karst yang masuk dalam kawasan taman. Keunikannya pun tidak kalah cantik dengan taman wisata alam lainnya. Pasalnya terdapat gua-gua aktif dengan ornamen serta gugusan batu hitam yang tumbuh di persawahan sekitar taman maupun di dalam taman.

Dokumentasi penulis 
Dokumentasi penulis 

Setiap hari Minggu, taman tersebut dipadati oleh pengunjung. Mereka datang dari kota Makassar atau dari luar Makassar dan bahkan tak sedikit di antaranya merupakan wisatawan mancanegara. 

Para pengunjung disuguhkan dengan panorama alam, bebatuan karst dari berbagai bentuk, ruang koleksi, bale-bale atau rumah panggung, gua bersejarah, sungai indah, pekarangan untuk merumput serta sungai bebatuan dengan air yang jernih melintang di tengah taman. 

Leang-Leang, dokumentasi penulis 
Leang-Leang, dokumentasi penulis 

Banyak pengunjung yang memanfaatkan taman tersebut sebagai lokasi pemotretan baik pra wedding, video klip, atau untuk kebutuhan medsos mereka. Memang tempat tersebut sangat cocok untuk pemotretan dengan latar lukisan alam yang natural seta Instagramable. 

Taman tersebut selalu ramai dikunjungi oleh pelajar untuk studi tour, komunitas untuk berkegiatan, serta pengunjung yang hanya sekedar untuk bersantai dan berpose. 

Biaya masuk di taman tersebut relatif murah yakni sepuluh ribuan ditambah biaya parkir lima ribuan. 

Tak jauh dari taman tersebut beberapa lokasi wisata baru yang dapat kita akses seperti lokasi eks pertambangan market yang sangat cantik dengan viu unik, persawahan dengan latar gunung Bulusaraung serta hutan batu karst Rammang-rammang, ataupun mata air leang uluwae yang bersebelahan dengan taman Prasejarah Leang-Leang.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Makassar Selengkapnya
Lihat Makassar Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun