Mohon tunggu...
Andi purnamasari
Andi purnamasari Mohon Tunggu... Mahasiswa - MAHASISWA

Sibuk mencari kesibukan

Selanjutnya

Tutup

Nature

Hujan Semalam, Samarinda Tenggelam!

23 September 2022   17:30 Diperbarui: 23 September 2022   17:33 63 0 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Nature. Sumber ilustrasi: Unsplash

Kemarin sore (Kamis, 22 septermber 2022) pada sore hari Samarinda dilanda hujan yang sangat lebat hingga 1,5 meter . akibatnya banyak daerah yang tergenang banjir akibat hujan lebat yang terjadi sejak sore tadi . banyak pengendara motor yang terpaksa harus menuntun motornya dikarenakan mogok akibat terendam banjir.
 
Kondisi ini membuat warga kesusahan beraktivitas maka sebagian warga terpaksa mengungsi untuk menghindari banjir yang meninggi .akibat banjir juga menghambat akses jalan utama  . bukan itu saja, rumah-rumah warga pun ikut tergenang air, warung makan, hingga salah satu universitas yang terendam banjir. bahkan ada beberapa motor yang terseret banjir akibat arus yang cukup deras .

Akibat dari banjir ini banyak orang yang dirugikan, mulai dari tempat usahanya yang tergenang banjir, motor yang mogok, sampai rumahnya yang tergenang banjir hingga pemiliknya harus mengevakuasi barang-barangnya agar tidak terendam oleh banjir.

Walaupun sempat surut ,banjir melanda samarinda kembali tenggelam selain itu juga, akibat dari banjir ini terdapat pohon tumbang yang terjadi di daerah Kemakmuran, dan terjadi longsor di beberapa titik seperti jl. kedondong 7,  jl. delima dalam, jl. wiraguna, jl. gerilya gg ibrahim, dan jl. kemakmuran gg 45.

Sebagai warga sebaiknya kita bisa mencegah terjadinya banjir dengan cara : tidak membuang sampah sembarangan seperti membuang limbah dapur ke dalam parit atau sungai,mengecor kembali jalanan yang rusak, selain itu bisa dilakukan kerja bakti setiap minggu untuk. membersihkan selokan yang tersumbat.

Sementara itu pihak terkait juga menghimbau warga setempat untuk tetap waspada lantaran dikhawatirkan adanya banjir susulan .hingga saat ini bpbdsedang melakukan pendataan terhadap masyarakat mengenai beberapa jumlah warga yang terdampak musibah ini .

Kesiapsagaan keluaraga dan masyarakat harus diaktifkan untuk mengantisipasi bahaya banjir di waktu yang akan datang ,misalnya latihan evakuasi secara mandiri , penyiapan tempat dan jalur evakuasi ataupun berkoordinasi dengan pihak terkait untuk mengoptimalkan peringatan dini kepada warga setempat .

Korban banjir berharap pemerintah samarinda bisa meringankan beban mereka dengan memberikan bantuan makanan dan tim medis .

Mohon tunggu...

Lihat Konten Nature Selengkapnya
Lihat Nature Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan