Mohon tunggu...
Andito Perwira
Andito Perwira Mohon Tunggu... -

Selanjutnya

Tutup

Inovasi

Penerapan Teori Persuasi terhadap Pengembangan Pengumuman

27 Oktober 2017   15:07 Diperbarui: 27 Oktober 2017   15:26 1019
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Bagikan ide kreativitasmu dalam bentuk konten di Kompasiana | Sumber gambar: Freepik

Dalam pembahasan ini memberikan pentunjuk atau cara khusus untuk membantu menciptakan sebuah pengumuman layanan masyarakat pro-lingkungan yang efektif ( PSA ). Dalam perencanaan kampanya didorong untuk memperhatikan dan menyelidiki target yang akan dituju, hal tersebut bertujuan agar mencapai goals. Pembahasan ini diakhiri dengan sebuah penelitian dari psikologi sosial sampai menuju pada panduan keseluruhan pada PSA secara effektif. Pengembangan kampanye lingkungan, cara agar audance mengerti dengan cara layanan masayrakat seperti ini. 

Pengumuman layanan masyarakat ini dirancang sebagai penginformasian atau edukasi perilaku tertentu, pada umumnya untuk keuntungan non-komersial dengan pendekatan media massa. Dengan menggunakan PSA sebenarnya cukup menguntungkan dalam mempromosikan perilaku prososial karena disebabkan oleh kamampuan mereka yang secara efesien dan berulang menembus beberapa populasi berdasarkan sasaran yang besar. Melalui PSA kita dapat mengetahui informasi yang disampaikan oleh media sendiri, agar informasi tersampaikan. Dalam pembahasan ini membahas tentang membantu penyampaian informasi kepada masayrakat.

Ketika pengembang PSL proenvironmental, memikirkan prinsip-prinsip dasar yang dapat berasal dari penelitian komunikasi media massa, dari usaha mereka untuk mewujudkan perubahan perilaku. Masih banyak penelitian yang telah diteliti yang  mengidentifikasi khalayak pada sasaran, tentang sikap dan perilaku mereka berkaitan dengan masalah sasaran. Mendelsohn (1973) menyatakan bahwa kampanye informasi publik memiliki probabilitas kesuksesan yang relatif cukup tinggi jika dengan, yang pertama pengembang kampanye berasumsi bahwa sebagian besar penonton cenderung hanya sedikit tertarik pada pesan tersebut, lalu yang kedua tujuan kelas menengah adalah set (misalnya, pengembang merasa yakin bahwa keterpaparan pesan sederhana akan menghasilkan keuntungan atau perubahan perilaku yang diinginkan), dan yang ketiga target pemirsa diselidiki secara menyeluruh dalam hal demografi, gaya hidup, nilai, dan media massa . Mendelsohn menyarakan bahwa tiga kampanye informasi yang sangat berhasil karena masing-masing desain mereka mencerminkan kolaborasi yang erat antara ilmuwan sosial dan spesialis komunikasi.

Mohon tunggu...

Lihat Inovasi Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun