Mohon tunggu...
Andi Prasetyo
Andi Prasetyo Mohon Tunggu... Mahasiswa - pemuda dari desa yang tentunnya tinggal di desa yang bercita - cita membangun desa

glowing man

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Soft Power Sepak Bola untuk Sebuah Investasi

3 Agustus 2021   19:30 Diperbarui: 3 Agustus 2021   19:33 119
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

SOFT POWER SEPAK BOLA UNTUK SEBUAH INVESTASI 

            Dari berberapa abad lalu, dunia mengenal sebuah permainan menggiring bola dan memasukannya ke sebuah jaring hanya pernainan biasa. Namun saat masa modern sepak bola mulai dikembangkan di negara Inggris dengan peraturan dalam permainan yang membuatnya semakin menarik dan digemari oleh banyak orang. Dan sampai sekarang sepak bola menjadi permainan olah raga yang paling sering dibicarakan oleh  semua kalangan masyarakat. Anak – anak sampai dewasa gemar dengan permainan tersebut. Meskipun tidak semua orang bisa melakukan olah raga ini, mereka hanya menonton pun sudah gembira luar biasa. Ditonton sendiri ataupun bersama ini sungguh luar biasa.

            Saat ini pertandingan sepak bola banyak di gelar diberbagai negara besar seperti Inggris, Spanyol,  Italia, Jerman bahkan didalam negeri kita Indonesia tidak kalah membuat kompetisi yang menghibur masyarakat. Namun dinegeri kita sepak bola kurang berkembang karena terkendala oleh peraturan – peraturan yang terlalu mengikat dan terlalu banyak dijadikan sebagai lahan politik para penguasa negeri.

Negara negara eropa paling gencar bersaing dalam mencari animo penonoton terhadap kompetisi sepak bola mereka. Mereka rela mempercanggih teknologi wasit, pembangunan stadion megah, dan membayar pemain mahal seperti Christiano Ronaldo, Leonel Messi dan masih banyak lagi. Itu semua biayanya pastinya mahal sekali, tapi apa yang berhasil diraih ? tentunya jumlah penonton yang luar biasa dan tentunya sponsor hak siar sebuah pertandingan sepak bola, belum lagi dari pernak pernik sepak bola seperti jersey bola dll. Ini tentunya menjadi sebuah soft power tersendiri demi mendapat pundi – pundi uang.

Harus diakui sepak bola modern menjadi sebuah tren investasi bisnis terbaru, semakin hari peninat semakin banyak, ditambah media – media yang menjadikan sepak bola menjadi berita utama mereka semakin memperkuat nilai sepak bola.

Sepak bola juga sudah diminati para pengusaha kaya dunia, yang terkenal adalah Sheikh Mansour dari Uni Emirate Arab yang sudah membeli klub sepakbola asal Inggris yaitu Manchester City. Manchester City berubah menjadi klub dengan kekuatan hebat dengan pemain – pemain yang terkenal dan tentunya paling top. Kini Manchester City telah menjadi klub kaya raya dengan juataan fans dan followers di seluruh penjuru dunia. Fans rela membayar tiket mahal untuk menonton permainan The Citizena (julukan untuk Manchester City). Bahakan fans rela membeli jersey para pemain dengan harga mahal. Ini tentunya menjadi keuntungan sebuah klub sepakbola dan tentunya pemiliknya sendiri.

            Langkah Sheikh Mansour juga sudah diikuti oleh pengusaha – pengusaha kaya dunia untuk berinvestasi di kancah sepak bola. Dan ini membuat semakin menarik lagi sebuah kompetisi sepak bola. Dan membuktikan bahwa sepak bola mempunyai soft power yang begitu kuat dalam sebuah investasi.

            Semoga saja persebakbolaan di dalam negeri kita cepat bisa mengikuti spakbola di eropa sana, mencotoh cara investor investor yang mampu mengembangkan sepak bola. Tidak melulu dijadikan lahan politik saya.

Kabar baiknya artis kaya Indonesia mulai melirik untuk berbisnis di sepak bola, terbaru adalah Raffi Ahmad yang sudah membeli klub asal Cilegon yaitu Cilegon United yang kini berubah nama menjadi RANS Cilegon United, dan ada juga youtuber nomor 1 di Indonesia yang juga sudah membeli dan mengembangkan sebuah klub sepak bola yaitu PSG pati. Luar biasanya mereka sudah merubah manejemen klub dan sudah membeli pemain – pemain top. Ini pasti bertujuan untuk menarik minat sponsor iklan untuk kemajuan klub. Semoga ini Langkah baik bagi sepak bola Indonesia. Semoga …

Ditulis Oleh Andi Prasetyo | Universitas Siber Asia             

Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun