Mohon tunggu...
Andini sukmadewi
Andini sukmadewi Mohon Tunggu... My succes is only by ALLAH✨

Andini sukma dewi

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Alam & Teknologi

Pengertian EEG

28 Maret 2021   06:13 Diperbarui: 28 Maret 2021   06:23 44 4 0 Mohon Tunggu...

EEG (Elektroensefalogram)Ada yang tau penegrtian EEG (Elektroensefalogram) ??? 

Jadi Elektroensefalogram atau biasa disingkat EEG merupakan salah satu alat tes yang berguna untuk merekam aktivitas kelistrikkan dari otak untuk melihat kelainan pada otak. Tes EEG jugs bisa disebut dengan tes gelombang otak. Uji dari tes EEG tidak invasif karena hanya dilakukan dengan menempelkna elektroda disepanjang bagian kulit kepala. 

Tes EEG dapat menukur fluktuasi yang berasal dari arus ionik otak. Tes EEG dikatakn efektif jika dingunakan untuk mendiagnosis gangguan kejang seperti  penyakit epilepsy,abnormalitas sistem daraf dan kelainan mental. Tes EEG ini dapat juga sebagai prosedur scanning pada sindrom otak organik dan tes ini juga bisa untuk indikator kematian pada otak. Tes EEG ini juga dapat mendeteksi beberpa penyakit yang disebabkan adanya aktivitas listrik berbedaa yang dihasilkan oleh pola normal irama dan kecepatanya, penyakit tesebut anatara lain yaitu abases, tumor dan  jaringan parut otak.

Prosedur tes EEG
Prosedur pada tes EEG ini pemeriksaan pada pasien yang mengunakan alat elektroda -- elektrodaa dibagian kulit kepala yang bertujuan untuk merekam aktivitas elektrik.

Pemerikaaan EEG
Pemerikaaan EEG harus dilakukan dokter pada saat adanya kecurigaan terhadap gangguan otak dan ketika seseorang mempunyai gejalapenyakit yang berkaitang dengan otak. Sehingga pasien harus harus berdiskusi dengan dokter yang berkaitan dengan gejalaotak yang dirasakan.

Pemerikaaan EEG ada 3 tahap yang harus dilakukan antara lain sebagai berikuta :
*Sebelum pemeriksaaan
*Selama pemeriksaan
*Sesudah pemeriksaan

Nah skarang sudah pada taukan pengetian EEG
Cukup sekian dari artikel kali ini yang membahas tentang PENGERTIAN EEG (Elektroensefalogram) semoga dapat bermanfaaat dalam menambah wawasan dan pengetahuan kita tentang tes EEG. Saya sebagai penuli sangat menyadari bahwa artikel ini jauh dari kata sempurna sehinggga saya meminta maaf jika anda menemukan kalimat typo, ngak nyambung dan kata kata yang kurang tepat dalam penulisan artikel kali ini.

VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x