Mohon tunggu...
Andini sukmadewi
Andini sukmadewi Mohon Tunggu... Hamba allah

Bismillah Trust allah dream big,work hard and success will come

Selanjutnya

Tutup

Ruang Kelas

Pengertian Problem Based Learning

1 Desember 2020   06:59 Diperbarui: 1 Desember 2020   07:08 42 2 0 Mohon Tunggu...

Pengertian 

Tujuan

Kelebihan dan kekurangan

Problem based learning atau sering disebut dengan pembelajaran berbasis masalah merupakan salah satu penggunaan dalam berbagai macam kecerdasan, yang sangat diperlukan dalam melakukan sebuah konfrontasi terhadap tantangan yang ada pada dunia nyata, kemampuan dalam menghadapi sesuatu yang baru dan sustu kompleksitas. Adapun tujuan dari problem based learning yang di mukakan oleh rohman pada tahun 2011 yang menyatakan bahwa tujuan problem based learning sebagai berikut.

Yang pertama bertujuan untuk mendorong kerjasama antar siswa dalam menyelesaikan sebuah tugas yg diberikan guru/dosen

Yang kedua bertujuan untuk memiliki suatu elemen - elemen dalam proses belajar mengajar sehingga dapat menimbulkan suatu  tingkah laku dalam pengamtan para pelajar serta berdialog.

Yang ketiga bertujuan untuk membangun optimisme siswa dalam suatu masalah yang diangap bahwa suatu yang menarik untuk dipecahkan sesungguhnya bukan masalah yang harus di hindari.

Dari tujuan di atas tersebut yang dikemukakan oleh rohman dapat di simpulkan bahwa sebuah proses dalam pembelajaran dilingkungan sekolah pada dasarnya mempunyai tujuan yabg sama dengan yg lainya yaitu dengan mendorong peningkatan hasil dari proses belajar yang dilakukan oleh siswa menjadi baik dan lebih baik lagi. Maka dari itu sangat dibutuhkan guru/dosen pembimbing dalam menyelesaikan masalah yang dihadapai bagi dari segi masalah yang terjadi ataupun dari masalah yang belum terjadi dengan menyelesaikan secara altenartif.

Ternyata dalam problem based learning atau pembelajaran berbasis masalah memiliki kekurangan dan kelebihan.

Kelebihan dalam problem based learning yang di kemukakan oleh sudrajat berpendapat bahwa tujuan dari promblem based learning sebagai berikut.

Melibatkan secara aktif dan keseluruhandalam memecahkan sesuatu masalah dan dapat menuntut keterampilan dalam berpikir lebih tinggi lagi pada pelajar. Selain memiliki kelebihan problem based learnung juga memilki kekurangan.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x