Mohon tunggu...
Andini sukmadewi
Andini sukmadewi Mohon Tunggu... Lainnya - Mahasiswa

Harus lebih baik dari sebelumnya

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud & Agama

Tips Memahami Anak yang Temperamen

29 September 2021   20:39 Diperbarui: 29 September 2021   21:21 80 7 1
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Konsep dasar temprament pada anak usia dini
Hallo bunda pada artikel kali ini kita akan membahas tentang temprament pada anak usia dini. Apa yang bunda pikirkan Ketika mendengar kata temprament ? anak yang cepat emosi atau anak suka marah -- marah apa anak yang mudah tersingung ? hmmm itu salah iya bunda karena temprament tidak selalu tentang emosi seperti yang bunda katakan tadi. Untuk lebih jelasnya yuk simak pengertian dari temprament.

Pengertian temprament anak usia dini
Temprament pada anak merupakan sebuah gambaran pada anak dalam menyingkapi dan juga memahami hal apa saja yang dlingkungan. Temprament pada anak biasanya diakibatkan karena faktor dari dalam (internal) atau faktor genetik, selain temprament  disebatkan faktor dari dalam penyebabnya juga muncul karena ada faktor dari luar (eksternal) misalnya faktor lingkungan. 

Temprament yang terjadi pada anak usia dini biasanya tidak terlalu berubah ketika anak lahir sampai dewasa akan tetapi faktor dari luar juga tidak mnutup kmungkinan terjadi memodifikasi temprament pada anak seiring anak tumbuh menjadi dewasa.

Sesudah bunda mengetahui pengertian dari temprament, Menurut bunda sendiri apakah temprament pada anak usia dini penting untuk diketahui apa tidak ? sangat penting sekali dong bund kenapa karena bunda bisa mengerti bagaimana cara yang pass untuk menghadapi anak usia dini. Yuk simak sedikit penjelasaan maanfat memahami temprament pada anak usia dini.

Maanfaat yang didapatkan dalam memahami temprament pada anak usia dini

Temprament pada anak usia dini seharusnya wajib diketahui oleh bunda -- yanda. Karena banyak sekali maanfaat ketika orangtua mengetahui temprament pada anak usia dini diantaranya anak dapat membantu orangtua dalam mengarahkan dan mengatur sikecil dalam masa akan datang. 

Secara tidak langsung Bunda -- yanda juga bisa membantu anak dalam beradaptasi dilingkungan dan juga dapat membuat anak menjadi percaya diri. ketika  anak  usia dini memiliki temprament yang sering muncul bunda dan yanda jangan lansgung untuk memarahi dan menyalahkan diri sendiri atas perlakuan anak karena .

Kesimpulan orangtua dalam memahami temprament pada anak usia dini bukan untuk merubah temprament akan tetapi untuk membantu anak usia dini memanfaatkan temprament yang dimiliki.

Bunda sekarang sudah mengetahui pengertian temprament dan manfaat yang didapatkan dalam memahami temparment pada anak usia dini, terakhir yang kita bahas adalah tips bunda -- yanda dalam menghadapi temprament anak usia dini. 

Sebelum kita membahas tentang tips dalam menghadapi temprament anak usia dini bunda sering berpikir tidak bagaimana cara mencari solusi ketika ? untuk itu mari simak tips dalam menghadapi temprament pada anak usia dini diantaranya sebagai berikut :

Tips yang pertama orangtua harus menghindari untuk membandingkan anak dengan anak lain, karena setiiap anak memilki potensi masing- masing.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud & Agama Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud & Agama Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan