Mohon tunggu...
ANDIKA WIRABUMI WIRABUMI
ANDIKA WIRABUMI WIRABUMI Mohon Tunggu... Hanya until tugas

Hanya until tugas

Selanjutnya

Tutup

Ruang Kelas

Panduan Berwisata di Tengah Pandemi Covid-19

14 Juni 2021   19:00 Diperbarui: 14 Juni 2021   19:15 40 1 0 Mohon Tunggu...

Tidak terasa pandemi Covid-19 sudah berlangsung selama setahun, pasti tidak heran kalau sudah banyak orang yang bosan tinggal di rumah terus dan tidak jalan – jalan ketemu teman, dan bertamasya keliling kota. Untungnya, kondisi pandemi tersebut sudah meringan terutama di Indonesia berkat protokol kesehatan yang berlangsung seperti isoloasi mandiri, penggunaan masker, pembatasan sosial, dan tidak lupa pengedaran vaksin secara berkala, jadi kesempatan untuk berjalan – jalan belum tertutup.

Namun, meski kita sudah mendapatkan kembali kesempatan untuk berwisata, kita tidak boleh lengah dan tetap waspada di tengah pandemi ini. Berdasarkan laporan Ramadhan dkk (2021) dari Kompas  mengatakan sudah terdapat total 1.523.179 kasus covid-19 dengan total pasien yang sembuh sebanyak 1.361.017, dan total pasien yang meninggal sebanyak 41.151 orang.

Apabila ingin melakukan perjalanan wisata apapun keluar kota maupun domestik kita harus bersiap – siap melindungi kesehatan pribadi baik sebelum, saat, dan setelah melakukan perjalanan.


Tips – tip di bawah ini akan menjadi panduan menjaga kesehatan dan keamanan wisatawan yang ingin melakukan perjalanan wisata dengan meminimalisir resiko terkena virus corona.

Sebelum berwisata
●Persiapkan Peralatan dan Perlindungan Kesehatan

Bawa masker, antiseptik, tisu, dan obat – obatan seperlunya sesuai protokol kesehatan.
●Jaga kesehatan pribadi sebelum berangkat
Lakukan tes kesehatan untuk mengetahui kondisi kesehatan pribadi, dan yang terpenting memeriksa apakah wisatawan mengidap gejala – gejala dari virus corona melalui rapid test atau swab test.

●Lakukan Tes Kesehatan Sebelum Berangkat  

Untuk menjamin keberangkatan, pastikan untuk tetap menjaga kondisi kesehatan agar tidak terkena sakit sebelum berangkat supaya tidak terkena resiko tertular virus, atau yang lebih buruk batal melakukan perjalanan.

  1. Cari Informasi Penyebaran Covid-19 di Destinasi dan Tempat Menginap yang Ingin Dikunjungi
    Apakah destinasi yang ingin dikunjungi rawan dengan virus corona? tergantung tingkat penyebarannya, beberapa destinasi, atau kota akan ditutup dari pengunjung apapun untuk mengurangi penyebaran covid-19, jadi sangat dianjurkan bagi para wisatawan untuk mencari tahu kondisi penyebaran covid – 19 di Indonesia, dan memilih destinasi dengan tingkat penyebaran yang rendah.
    Apabila ingin menginap di hotel, pastikan hotel tersebut memiliki protokol kesehatan yang baik, atau jika kebetulan ada keluarga atau kerabat dekat di destinasi tujuan, wisatawan bisa menginap dengan mereka selama tidak sedang terkena virus.
    Saat berwisata
    ●Ikuti Protokol Kesehatan

    Gunakan masker yang menutupi mulut dan hidung, selalu cuci tangan atau hand sanitizer setiap melakukan kontak langsung dengan orang dan benda lain selama berpergian. Hindari kerumunan, dan buat jarak sekitar 1 – 2 meter dari orang lain saat di tempat umum, sebagai contoh, tempat – tempat duduk umum biasanya sudah disesuaikan agar terdapat jarak antara penggunanya.

    ●Makan dan minum di tempat tertutup

    Walaupun ada beberapa restoran dan caffee yang sudah menjalankan usahanya dengan aman sesuai protokol kesehatan, akan lebih aman bila wisatawan memesan makanan tersebut untuk dibawa ke tempat menginapnya untuk meminimalisir resiko terturla virus corona.
    ●Hindari Kontak Langsung

    HALAMAN :
    1. 1
    2. 2
    VIDEO PILIHAN