Mohon tunggu...
Andika Adi Saputra
Andika Adi Saputra Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa Universitas Diponegoro

Apa yang kau cari sedang mencarimu

Selanjutnya

Tutup

Ruang Kelas Pilihan

Mahasiswa UNDIP Melaksanakan Kegiatan Asistensi Pembukuan Sederhana Bagi Pelaku UMKM

3 Oktober 2022   20:03 Diperbarui: 3 Oktober 2022   21:22 125 2 1
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Foto Tim KKNT Pedurungan Tengah (Foto: Dokpri)

Semarang, Pedurungan Tengah (02/08/2022) - Mahasiswa KKN Tematik Universitas Diponegoro mengadakan asistensi dan edukasi pembuatan laporan keungan (pembukuan) berbasis teknologi yaitu aplikasi SIAPIK kepada UMKM Dapur Zea.

Pembukuan merupakan salah satu aspek penting dalam bisnis. Dengan melakukan pembukuan, pelaku usaha dapat mengetahui kondisi keuangan usahanya sehingga dapat mengambil keputusan yang tepat dalam menghadapi situasi yang menerpa usahanya. Bukan rahasia umum lagi bahwa Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) sangat menderita selama masa pandemi, mulai dari nilai jual yang menurun, kenaikan harga komoditas, harga sewa yang konstan dan pengeluaran lainnya yang masih terikat namun tidak diuntungkan.

Pelaksanaan kegiatan asistensi dan edukasi pembuatan laporan keuangan berbasis aplikasi SIAPIK ini bertujuan untuk membantu Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) di Usaha Dapur Zea supaya memahami secara finansial. Memudahkan owner Dapur Zea untuk mengetahui kegiatan keuangannya sehingga dapat menjalankan kegiatan usahanya dengan lebih efektif dan efisien kedepannya.

Foto Asistensi Pembukuan UMKM DapurZea (Foto: Dokpri)
Foto Asistensi Pembukuan UMKM DapurZea (Foto: Dokpri)

"Asistensi pembukuan ini menarik sekali, penyampaian materinya jelas dan praktiknya langsung dilakukan bersama-sama sehingga jadi lebih paham. Terima kasih sekali mas sudah dibantu juga pembukuannya". Ujar Ibu Rena, selaku pemilik usaha DapurZea.

Diharapkan program ini juga dapat memberikan pengetahuan tentang pembukuan UMKM yang bermanfaat dalam membentuk keberlangsungan suatu usaha atau bisnis yang dijalankan. Selain itu, program ini juga bertujuan untuk meningkatkan pertumbuhan ekonomi yang inklusif dan berkelanjutan. Sehingga dengan adanya program ini secara tidak langsung dapat membantu usaha Dapur Zea terus berkembang.

Penulis: Andika Adi Saputra (Akuntansi Perpajakan, Fakultas Sekolah Vokasi)
Dosen Pembimbing Lapangan: Dr. Heni Rizqiati, S.Pt., M.Si.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Ruang Kelas Selengkapnya
Lihat Ruang Kelas Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan