Mohon tunggu...
Andi Istiabudi
Andi Istiabudi Mohon Tunggu...

# Pembaca Harian Kompas sejak kecil # Autograph Collector # Professional Creative Writer / Content Writer # Penulis buku : "Cerita Tentang Mereka" (2012), "Martin Hutagalung : Mengamen dari Medan hingga Belanda" (2015), "Bersama Presiden & Wapres" (2016) #Twitter : @andiistiabudi #Instagram : @andi_istiabudi

Selanjutnya

Tutup

Gaya Hidup Pilihan

Luar Biasanya Sultan dan Keluarga Kerajaan Brunei

19 September 2016   23:21 Diperbarui: 19 September 2016   23:48 2897 3 2 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Luar Biasanya Sultan dan Keluarga Kerajaan Brunei
Keluarga Kerajaan Brunei Darussalam (sumber foto : www.jestina-george.com)

Sultan Brunei Darussalam, Hassanal Bolkiah sejak lama dikenal sebagai salah satu dari pemimpin kerajaan monarki yang termasuk dalam daftar orang terkaya di dunia.  Menurut  majalah Forbes, kekayaan Sultan Bolkiah tahun 2011 diperkirakan mencapai 20 milyar dollar. Sebagian besar kekayaan dan pendapatan Sultan Bolkiah diperoleh dari hasil penjualan sumber daya alam yang dimiliki oleh Brunei Darussalam, terutama minyak bumi dan sisanya berasal dari investasi pada sejumlah negara.

 Mengingat jumlah penduduk Brunei yang sedikit, tidak heran jika hampir seluruh penduduknya hidup makmur dan sejahtera. Demikian halnya dengan Sultan Bolkiah dan anggota keluarga kerajaan Brunei lainnya, hasil kekayaan alam Brunei yang melimpah berpengaruh terhadap gaya hidup mereka. Berikut beberapa kemewahan yang membuat keluarga kerajaan Brunei dikenal di seluruh dunia :

Istana Nurul Iman

Istana Nurul Iman yang sangat mewah dan anggun ini terletak di Bandar Seri Begawan memiliki sekitar 1788 kamar dan terdiri dari 257 kamar mandi, 5 kolam renang serta sejumlah fasilitas mewah pendukung lainnya termasuk ruang hall, pertemuan, masjid dan lantai bawah tanah yang berfungsi sebagai garasi tempat menyimpan ribuan mobil koleksi Sultan. Istana ini selesai proses pembangunnnya pada tahun 1984 dan sering digunakan untuk berbagai acara resmi kerajaan Brunei. Istana Nurul Iman mendapat predikat dari Guinness World of Records sebagai kediaman pribadi terbesar di dunia.

Selain Istana Nurul Iman, Sultan Bolkiah juga memiliki sejumlah aset properti yang tersebar di sejumlah negara Asia, Eropa, Amerika Serikat serta Australia dalam bentuk apartemen, hotel serta resort mewah. Kabarnya keluarga kerajaan Brunei juga memiliki aset properti perhotelan di Bali.

Gemar Mendatangkan Artis Mancanegara

Sultan Bolkiah dan keluarganya dikenal senang mendatangkan artis mancanegara untuk tampil di Istana Nurul Iman. Bahkan dalam rangka ultahnya ke-50 pada tahun 1996, Sultan Bolkiah secara khusus membayar musisi pop Michael Jackson sebesar 17 juta dollar untuk tampil gratis menghibur rakyat Brunei di taman bermain Jerudong yang terletak di Bandar Seri Begawan. 

Disamping selalu membayar mahal dengan tarif di atas harga standar sang artis, Sultan Bolkiah juga dikenal sangat royal dalam memberikan hadiah mewah kepada artis manacanegara yang diundangnya tampil di Brunei. Sejumlah artis Indonesia yang pernah diundang untuk tampil mengaku selain dibayar dengan tarif yang mahal, mereka juga sering mendapat hadiah tambahan berupa jam tangan mewah serta sejumlah perhiasan seperti emas batangan dari keluarga kerajaan Brunei. Luar biasa!

Belanja di Eropa

Barang-barang pribadi Sultan dan keluarganya sebagian besar merupakan merk ternama dunia dan diperoleh dengan membelinya secara langsung di Eropa. Beberapa merk tersebut bahkan menawarkan produknya secara eksklusif kepada keluarga kerajaan Brunei sebelum produknya resmi dirilis dan dijual bebas kepada masyarakat umum.

Kolektor Mobil

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x