Mohon tunggu...
ANDI FIRMANSYAH
ANDI FIRMANSYAH Mohon Tunggu... Guru - Guru yang Belum Tentu Digugu dan Ditiru

Hanya Seorang Marhaen yang menyenangi bidang Geopolitik, Sejarah dan Ekonomi.

Selanjutnya

Tutup

Trip

Smart TV Menghemat Biaya Liburan

16 Mei 2024   20:35 Diperbarui: 16 Mei 2024   20:38 85
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Travel. Sumber ilustrasi: PEXELS/Jcomp

Pernahkah Anda bepergian keliling dunia tanpa biaya? Itulah yang saya lakukan sambil duduk santai di sofa. Sekarang, punya smart TV jadi malas keluar rumah.

Perjalanan virtual ini jelas memperluas cakrawala budaya saya dan memperkaya CQ (kecerdasan budaya) saya.

Berkat beragam saluran digital yang ada di ujung jari saya, saya telah melakukan tur ke banyak tempat yang selalu ingin saya lihat seperti Tuscany, Nantes, Mekah, Bangalore, Nagoya atau Lisbon dan tempat-tempat lainnya yang hanya dapat saya impikan.

Ada kepuasan tersendiri saat mengunjungi semua tempat ini, berjalan di jalan-jalan sempit dan gang-gangnya, mengunjungi tempat makan mereka dan mengenal beberapa masakan lokal, mendengarkan penduduk setempat dan belajar tentang cara-cara unik mereka. Beberapa hari yang lalu, saya masuk ke dalam sebuah restoran tua bergengsi di Paris yang sering dikunjungi oleh Coco Channel, Proust, Picasso dan Toulouse Lautrec dan bahkan melihat sekilas tanda tangan mereka di buku tamu.

TV atau layar digital bukan sekedar jendela dunia tetapi sudah menjadi mesin perjalanan yang membuat Anda dibawa ke suatu tempat dalam sekejap seperti dalam film Jumpers . Data statistik menunjukkan bahwa YouTube adalah mesin pencari terpopuler kedua setelah Google untuk wisatawan virtual seperti saya. 

Orang yang mengupload vlognya di YouTube memperoleh penayangan ratusan ribu. Lupakan orang-orang profesional seperti mendiang Anthony Bourdain atau Rick Stevens. Bahkan vlogger amatir pun sekarang dapat menikmati hasil dari jumlah pelanggan yang terus bertambah.


Saya punya ponsel pintar dan tablet, tapi saya lebih suka menonton semuanya di monitor berukuran 50 inci yang saya punya. Smart TV ini besar sekali manfaatnya buat saya karena saya dapat menikmati video perjalanan dalam kemegahan layar lebar penuh dengan warna HD.

Saya khususnya menyukai video perjalanan di mana kamera genggam menelusuri jalan-jalan di desa terpencil, mencari peluang dan tujuan, menyelinap masuk dan mengintip ke setiap sudut dan celah. Saya juga suka saat kamera masuk ke dalam toko, tempat-tempat ibadah tua, museum atau tempat makan kuno yang menawan.

Untunglah kamera genggam sekarang lebih ringan dan canggih. Lewatlah sudah hari-hari ketika vlogger amatir identik dengan video buram atau gerakan tersentak-sentak. Pemandangan tidak lagi tersendat-sendat dan gambar menjadi lebih enak untuk dilihat karena kualitas HD-nya, gambar-gambar tersebut begitu detail sehingga kita seakan merasakan benar-benar seperti berada di sana.

Biasanya, saya menghindari menonton video perjalanan yang diberi banyak narasi di mana pemandu perjalanan atau pembawa acaranya terus mengoceh atau mengobrol tanpa henti. Saya suka video walk-through tanpa suara yang dilengkapi dengan teks dimana kamera tetap menangkap suara alam sekitar seiring berjalannya waktu. Saya sangat mengagumi stamina para vlogger yang berjalan terus menerus sejauh 20 kilometer atau bahkan lebih jauh.

Kadang-kadang saya mengklik vlog di mana sang vlogger menjelaskan atau memberikan latar belakang singkat atau menyoroti struktur patung kuno, objek atau artefak atau sepotong hidangan orisinil. Ada satu saluran di mana suami dan istri gemar pergi ke pasar loak di pedesaan Prancis yang tenang. Kegembiraan mereka terhadap penemuan barang-barang kuno, pernak-pernik kuno, ornamen dan perkakas sangat menggairahkan. Kadang-kadang, mereka membeli daging, buah-buahan, sayuran dan keju buatan sendiri yang bersumber dari peternakan terdekat serta anggur yang sudah tua dan dibotolkan di kilang anggur setempat. Menjelang akhir episode, mereka membawa barang-barang tersebut satu per satu dan membicarakannya untuk memberi pencerahan para pengikutnya.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Trip Selengkapnya
Lihat Trip Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun