Mohon tunggu...
Andi Alfian Salassa
Andi Alfian Salassa Mohon Tunggu... Penulis - Penulis

Kontributor Bulukumba

Selanjutnya

Tutup

Makassar

Komunitas Koin untuk Negeri Tularkan Virus Literasi di MIS As'Adiyah Kindang

5 Juni 2022   20:58 Diperbarui: 5 Juni 2022   21:02 75 1 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Komunitas Koin Untuk Negeri Tularkan Virus Literasi di MIS As'Adiyah Kindang

BULUKUMBA -- Komunitas Koin Untuk Negeri (KUN) Cabang Bulukumba Tularkan Virus Literasi di MIS As'adiyah Kindang, pada jum'at (27/05/2022) lalu.

Budaya literasi menjadi salah satu budaya yang penting bagi sebuah negara. Itu karena budaya tersebut mampu mempengaruhi kecerdasan serta kesejahteraan hidup suatu negara.

Mengutip buku Indeks Aktivitas Membaca 34 Provinsi tulisan kemdikbud (2019:79), data pada 2019 menunjukkan bahwa indeks Alibaca atau aktivitas literasi membaca tingkat nasional Indonesia masih tergolong rendah.

Komunitas Koin Untuk Negeri (KUN) Cabang bulukumba adalah salah satu komunitas yang gencar memberikan edukasi kepada adik-adik pelosok untuk lebih menggiatkan kegiatan-kegiatan literasi. Kali ini, kegiatan tersebut dilaksanakan di MI As'adiyah Kindang yang dikemas dalam program SEJARA (Sekolah Jejak Nusantara). 

Dirham Ketua Bidang Program Komunitas Koin Untuk Negeri (KUN) Cabang Bulukumba mengatakan semoga dengan adanya kelas literasi ini dapat membangkitkan semangat adik-adik di MI As'adiyah Kindang untuk membaca. Dengan keterbatasan buku-buku bacaan yang ada di MI As'adiyah Kindang diharapkan mereka tetap semangat dalam membaca. 

"Buku adalah jendela dunia, walupun adik-adik ada di daerah pelosok jangan sampai mereka juga tidak tahu dunia luar. Kedepannya kami juga akan membawa donasi berupa buku bacaan untuk adik-adik kita," Tuturnya.

Rezki Sarib selaku Kepala Madrasah sangat berterima kasih atas kegiatan yang dilaksanakan oleh teman-teman relawan. Ini merupakan kegiatan yang sangat luar biasa, menurutnya kegiatan seperti ini memang seharusnya lebih digiatkan agar kegiatan literasi ini dapat meningkatkan minat baca bagi generasi yang sekarang dan generasi yang akan datang.

"Semoga dengan adanya kegiatan ini adik-adik akan lebih semangat dalam hal belajar terutama dalam mengasah diri meningkatkan minat baca dari sejak dini. Kami akan terus berbenah terutama dalam hal pengadaan buku di Madrasah kami yang sampai hari ini masih sangat minim," Tutupnya. (Mhr)

Mohon tunggu...

Lihat Konten Makassar Selengkapnya
Lihat Makassar Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan