Mohon tunggu...
Andianto Meipratomo
Andianto Meipratomo Mohon Tunggu... -

be yourself

Selanjutnya

Tutup

Money

Pengusaha Muda

14 Oktober 2013   08:30 Diperbarui: 24 Juni 2015   06:34 220
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ekonomi. Sumber ilustrasi: PEXELS/Caruizp

Yasa Singgih, Miliarder Saat Masih 18 Tahun

Masih muda tapi sudah punya penghasilan sendiri. Wah siapa sih yang enggak mau! Seperti teman kita yang satu ini loh, sobat teen. Yasa Singgih, baru berusia 18 tahun. Tapi ia sudah bisa menghasilkan pendapatan sendiri dari hasil bisnisnya. Setelah jatuh bangun dalam berbisnis kini Yasa sukses menjalani tiga usahanya dengan keuntungan miliaran rupiah. Wow! Sobat teen, mau sukses seperti Yasa? Yuk kita contek kiat-kiat dari Kak Yasa yang menceritakan pengalaman berbisnisnya bersama Kak Evilin Falanta, di Bincang Kita. Kamu kan pengusaha muda yang sudah sukses di usia 18 nih, certain dong awal mula kamu bisa berbisnis? Jadi, sebenarnya walaupun sudah berhasil di usia 18 tahun ini tapi bukan berarti aku langsung cepat gitu. Istilahnya,  ada banyak darahnya alias banyak kegagalan-kegagalan yang harus dilalui. Pertama kali aku mulai bisnis itu usia 15 tahun dikarenakan kondisi kepepet yaitu papa saya sakit. Jadi, saya berpikir, mau enggak mau bagaimana caranya supaya saya bisa punya penghasilan sendiri. Baru pada saat itu saya bisnis lampu hias. Tapi baru enam bulan bisnsis lampu hias itu sudah almarhum alias mati di tengah jalan. Akhirnya, saya ganti ke bisnis kaos. Nah, bisnis kaos juga sekali dua kali gagal, sampai baru ketiga kalinya berhasil jalan.  Dari bisnis kaos lalu uangnya ini saya investasikan lagi ke bisnis kuliner “Ini Teh Kopi”. Sekarang saya lagi bangun bisnis lagi “Bilionary Versity”. Jadi, itu sebuah sekolah bisnis non formal buat teman-teman yang mau jadi pengusaha muda. Awal kali memulai bisnis modalnya darimana? Pertama kali itu saya bisnis enggak pakai modal, enggak pakai modal sendiri ataupun minta ke orang tua. Jadi, caranya saya pinjam barang orang, alias bayarnya mundur. Setelah barangnya laku baru kita bayar ke suplyer (pemasok), jadi enggak pake modal. Terus kakak belajar berbisnis darimana? Belajar usahanya otodidak, jadi enggak belajar kemana-mana. Cuma trial and error-nya banyak. Paling baca buku dan banyak googling dari internet. Menurut Kakak apa sih uniknya berwirausaha? Selagi muda nih yah, pertama kita sudah dapat pengalaman yang enggak didapat sama anak muda lainnya. Jadi, banyak kan nih anak muda yang masih main-main, tapi kita udah mulai usaha. Nah, yang paling uniknya lagi gini, pikiran kita itu visioner jadinya. Jadi, ada sepuluh langkah di depan dari teman-teman kita. Kadang-kadang, teman kita akan berpikir kok pikiran kita udah jauh banget sih. Nah, lucunya disitu. Malahan apa yang teman omongin kadang belum sampai ke kita, padahal kita sudah jauh di depan. Ada enggak Kak pesan yang bisa dibagi ke sobat teen, mungkin mereka juga ada yang mau seperti kakak jadi pengusaha muda yang sukses? Untuk sobat teen neh ya, aku ada tipsnya yaitu satu, jangan pernah merasa cepat untuk menjadi seorang pengusaha. Jadi, menjadi seorang pengusaha itu sebenarnya latihan pikiran atau latihan beban untuk pikiran kita. Jadi, kalau kita mulai usaha sejak muda itu ada banyak sekali pengalaman yang bisa kita dapatkan. Nah, kalau saya punya kalimat favorit “Never  to young, to become bilioner,”  atau enggak ada waktu terlalu muda untuk menjadi seorang jutawan. Jadi,  just do it, itu aja! Jangan takut untuk mulai usaha, pasti deh nanti ketemu jalannya.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Money Selengkapnya
Lihat Money Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun