Mohon tunggu...
Ronalia Andhinasari
Ronalia Andhinasari Mohon Tunggu... Mahasiswa - KKN TIM II UNIVERSITAS DIPONEGORO

Mahasiswi Fakultas Hukum 2018 Universitas Diponegoro yang tengah melaksanakan KKM TIM II UNDIP

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Alam & Teknologi

Yuk, Membuat Handsanitizer dengan Dua Bahan Ala Mahasiswa Undip!

2 Agustus 2021   16:28 Diperbarui: 2 Agustus 2021   16:48 56 1 0 Mohon Tunggu...

Kelurahan Padangsari, Semarang (2/8/2021) - Semenjak Angka Kasus Virus Corona di Indonesia semakin melonjak, pemerintah memutuskan untuk "Sekali lagi" mengambil suatu kebijakan guna menekan angka penyebaran Virus Corona.

 Kebijakan yang dikeluarkan pun yakni Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) yang mana mengakibatkan pembatasan kegiatan masyarakat di luar rumah.

Dengan adanya kebijakan ini, segala bentuk aktivitas di luar rumah diharapkan dapat beradaptasi dengan keadaan yang membatasi.

 Termasuk salah satunya yakni pelaksanaan Kuliah Kerja Nyata (KKN) Universitas Diponegoro. Dikarenakan adanya pembatasan kegiatan itu, Masyarakat pun juga harus menerima kenyataan bahwa Stok Handsanitizer di Semarang mulai langka.

Oleh Karena itu, Ronalia Andhinasari sebagai Mahasiswi KKN TIM II UNDIP berinisiatif untuk membuat suatu inovasi dan mengedukasi masyarakat terkait dengan Program Kerja "Pembuatan Handsanitizer dengan dua bahan yang dapat dilakukan #DirumahAja". 

Program ini diharapkan dapat memberikan informasi kepada masyarakat bahwa Handsanitizer dapat dibuat dirumah dan tidak perlu khawatir akan stok yang kian menipis di pasaran.


Tata cara pembuatan Handsanitizer telah dilakukan menggunakan media Youtube dengan mempublikasikan video lengkap proses pembuatan Handsanitizer dengan menggunakan dua bahan. Dalam Pembuatan Handsanitizer itu dilakukan dengan dengan cara yaitu Handsanitizer dengan alkohol 70% dan Handsanitizer dari bahan alami yakni Daun Sirih dan Jeruk Nipis. 

Daun sirih mengandung zat antiseptik yang dapat membunuh bakteri serta memiliki daya antioksida, antiseptik, fungisida dan bahkan sebagai bakterisidal. Sedangkan Jeruk Nipis memiliki komponen kimia seperti flavonoid, alkaloid, tanin, minyak atsiri, dan saponin yang mempunyai aktivitas mikroba sehingga menghambat pertumbuhan bakteri.

Mengingat bahan-bahan kebutuhan pokok yang kian menipis dan adanya pembatasan konsumen di sejumlah pusat perbelanjaan, maka saya selaku Mahasiswi KKN TIM II UNDIP 2021 memutuskan untuk membagikan bahan-bahan yang digunakan dalam pembuatan Handsanitizer sebagaimana yang telah dijelaskan melalui video dengan harapan bahwa masyarakat di Kelurahan Padangsari dapat memiliki stok Handsanitizer yang cukup selama masa pandemi ini dan kedepannya masyarakat tidak perlu khawatir akan kehabisan stok Handsanitizer mengingat Handsanitizer dapat dibuat #DirumahAja.

Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN