Srigonco,Malang-Upaya untuk memperkuat UMKM lokal Desa Srigonco,kelompok mahasiswa KKN UM Srigonco 2021 bekerja sama dengan Desa Srigonco untuk membuat branding produk baru,Yoghurt Srigonco. Kegiatan ini merupakan salah satu dari beberapa program kerja yang dibentuk oleh KKN UM Srigonco 2021.
Menurut kepala desa Srigonco,Bapak Bambang Setyono dalam kunjungan pertama KKN UM Srigonce 2021, Srigonco berencana untuk memproduksi produk yoghurt beserta produk turunannya. Dalam hal ini,Desa Srigonco membutuhkan sebuah branding dan packaging untuk melengkapi produk agar siap dijual.
Tujuan dari kegiatan ini adalah untuk membuat branding sesuai dengan kelebihan dan karakteristik desa Srigonco. Hasil branding ini diharapkan selain menjadi identitas produk yoghurt Srigonco,juga mampu menaikkan penjualan produk tersebut. Produk ini direncanakan siap produksi masal setelah hari raya Idul Fitri 2021.
Ada beberapa produk turunan dari produk yoghurt Srigonco antara lain, Salad Buah Srigonco, dan Es Krim Srigonco. Masing masing produk tersebut memiliki jenis packaging yang berbeda namun masih dalam satu Branding. Menurut Andhika, Selaku desainer dan juga anggota KKN UM Srigonco 2021, desain branding dibuat berdasarkan kelebihan dan karakteristik desa Srigonco antara lain,merupakan desa lokasi tempat pariwisata terkenal di Malang,yaitu pantai Balekambang,Produksi Pisang,dan Kelapa. Pemilihan branding tersebut dipilih karena lokasi pemasaran produk akan dilaksanakan di toko tempat pariwisata pantai Balekambang dan sekitar desa Srigonco. Berdasarkan kelebihan dan karakteristik itulah yang mendasari pemilihan branding yoghurt Srigonco.
Kegiatan pembuatan desain branding dan packaging ini merupakan salah satu dari program kerja yang dibuat oleh kelompok KKN UM Srigonco 2021 yang dibimbing oleh Bapak Aji Bagus Priyambodo. Kelompok ini beranggotakan 20 mahasiswa yang berasal dari berbagai Fakultas.
Penulis: Andhika Rizky Syah Putra,Mahasiswa Universitas Negeri Malang.