Mohon tunggu...
Humaniora

Ingin kerja di TV? Kamu harus masuk FIAT, ini alasannya!

23 Oktober 2018   11:16 Diperbarui: 26 Oktober 2018   06:23 723
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

                                                                                                                                   Sumber gambar : Dokumen pribadi

FISIP Atma Jaya Television (FIAT) merupakan sebuah event tahunan yang diselenggarakan oleh Laboratorium Audiovisual FISIP Atma Jogja (Lab. Avi). FIAT bertujuan untuk mewadahi mahasiswa untuk mempelajari dunia broadcasting dan cara kerja media televisi. FIAT tidak hanya mengajarkan teori, mahasiswa dapat merasakan langsung bagaimana cara memproduksi program TV dari awal hingga penayangan. Dan, hasil program karya mahasiswa akan ditayangkan dalam tujuh hari siaran yang dilakukan pada masa-masa registrasi mahasiswa baru. FIAT memiliki 4 divisi, yaitu Produksi, News, Advertising, dan Marketing Communication.

Lalu, apa keuntungan menjadi anggota FIAT dibandingkan dengan event atau UKM kampus lainnya?

1540508879379-5bd24feb43322f7a936aedd3.jpg
1540508879379-5bd24feb43322f7a936aedd3.jpg
                                                                                                                              Sumber gambar : Dokumen pribadi

1. Bisa belajar dunia broadcasting dari bikin konsep acara hingga kerja di lapangan

"Pengalaman priceless, berguna buat portofolio, dan memiliki pengetahuan lebih dibanding orang lain, dan tahu cara kerja TV kayak gimana karena cara kerja FIAT mengikuti cara kerja televisi nasional." -David Christian The, Ketua FIAT 2017.

Di FIAT, kamu tidak hanya belajar mengenai teori-teori broadcasting saja. Namun, kamu diwajibkan untuk membuat program acaramu sendiri.

Jika kamu ada di divisi Produksi, maka tugasmu adalah membuat program-program yang bersifat hiburan dan ringan.

Jika kamu di divisi News, tugasmu adalah membuat program-program yang cenderung lebih serius dan berbobot.

Advertising dan Marketing Communication tidak bertugas untuk membuat program, namun Advertising harus membuat iklan baik iklan layanan masyarakat maupun iklan untuk klien, dan membuat green screen (atribut siaran yang hanya ditayangkan saat program live), untuk hasil karya Produksi dan News.

Dan Marketing Communication bertugas untuk merancang konsep pemasaran dan mencari klien untuk FIAT.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Humaniora Selengkapnya
Lihat Humaniora Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun