Mohon tunggu...
Anastasia Darmadi
Anastasia Darmadi Mohon Tunggu... student

buat tugas sekolah

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud & Agama

Pentingnya Kearifan Lokal

25 Februari 2021   13:11 Diperbarui: 25 Februari 2021   13:26 237 1 0 Mohon Tunggu...

Ruang lingkup kebudayaan di Indonesia memang begitu luas, namun salah satu aspek yang berkaitan erat dengan kebudayaan adalah kearifan lokal, apasih kearifan lokal itu? Kearifan lokal adalah cara dan praktik yang dikembangkan oleh sekelompok masyarakat yang berasal dari pemahaman mendalam mereka akan lingkungan setempat yang terbentuk dari tinggal di tempat tersebut secara turun-menurun. 

Kearifan lokal sangat penting untuk dilestarikan dalam suatu masyarakat untuk menjaga keseimbangan dengan likungannya dan sekaligus dapat melestarikan lingkungannya. Masyarakat harus mengenal dan mengerti arti penting dari kearifan lokal agar budaya yang mereka punya tidak mudah bercampur dengan budaya baru yang masuk.

Kearifan lokal juga memiliki beberapa fungsi peneting yaitu keafrifan lokal berfungsi untuk konservasi dan pelestarian sumberdaya alam, mengembangkan sumber daya manuasia, pengembangan kebudayaan dan ilmu pengetauan, serta sebagai petuah, kepercayaan, sastra, dan pantangan. 

Namun pada saat ini kearifan lokal menghadapi tantangan yang mengancam keberadaan dan kelestariannya. Kita juga harus mengetaui bagaimana cara melestarikan kebudayaan kebudayaan lokal yang ada di sekitar kita saat ini.

Seperti memperkaya khazanah bangsa, seperti yang kita ketaui Indonesia itu memiliki banyak sekali daerah dan setiap daerahnya memiliki kebudayaannya masing-masing. 

Hal ini dapat memperkaya keragaman yang ada di negara ini. Banyak budaya di suatu negara dapat menjadi tolak ukur dari tingginya nilai estetika dan etika dalam amsyarakat tersebut.

Ada cara lain yaitu memperthankan orisinalitas suatu masyarakat. Akibat dari kemajuan teknologi telah membuat budaya di dalam suatu masyarakat saling beraimilasi dan berakulturasi, yang akhitnya membuat budaya lokal menjadi terkikis dan termarginalkan oleh budaya yang modern, lambat laun beberapa kebudayaan masyarakat yang tidak bisa mengikuti perkembangan jaman ini tidak akan bertahan atau musnah. Maka dari itu para masyarakat harus bisa melestarikan budaya daerah dan lokal dengan cara menjafa keorisinilan ataupun ciri khas dari suatu budaya agar terjaga dengan baik dan tidak musnah.

Kebudayaan daerah adalah salah satu aset bangsa. Kita harus sadar bahwa kebudayaan yang beragam dari berbagai mancam daerah di Indonesia adalah salah satu aset bangsa yang penting. Hal ini dapat menjadi daya Tarik bagi masyarakat lain untuk mengetahuinya/ menyaksikan nya. Keunikan dan keberagamaan kebudayaan bisa menjadi magnet bagi wisatawan mancanegara untuk datang ke suatu daerah.

Kebudayaan juga menjadi objek kajian dari budayawan dan peneliti. Mengetahui atau mencari tau latar belakang budaya suatu daerah adalah hal yang lazim dilakukan oleh peneliti. Kebudayaan yang sudah jelas akan dijadikan sebagai pelajaran di sekolah-sekolah.

Ada beberapa tips cara untuk melestarikan budaya lokal/daerah salah satunya memasukkan kebudayaan lokal dalam mata pelajaran di sekolah kita juga bisa membuat suatu inovasi dalam pengenalan budaya kepada generasi muda. Pengenalan budaya dapat diperkenalkan dengan nuansa yang dinamis dan bernuansa jiwa muda namun tetap mempertahankan dari originalitas yang ada.

Menanamkan rasa cinta terhadap kebudayaan pada masyarakat khususnya generasi muda agar rasa menghargai dan cinta terhadap budaya tidak luntur. Kita bisa mengadakan kegiatan festival kebudayaan secara konsisten agar suatu budaya bisa tetap ada dan eksis maka dibutuhkan suatu tindakan nyata dan tindakan yang bersifat kontinu. Seperti sebuah kegiatan festival. yang diadakan rutin setiap tahunnya.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN