Mohon tunggu...
Ana Snk
Ana Snk Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa

Sedang Belajar Menulis !

Selanjutnya

Tutup

Sosbud

Mahasiswa KKN TIM II UNDIP Lancarkan Distribusi Sembako dan Covid Kit

27 Juli 2021   14:40 Diperbarui: 29 Juli 2021   11:27 96 1 1 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Mahasiswa KKN TIM II UNDIP Lancarkan Distribusi Sembako dan Covid Kit
Pendistribusian Sembako/Dokpri

Semarang (12/7). Warga Kelurahan Kalibanteng Kidul, Kecamatan Semarang Barat yang terkena dampak Covid-19 dan PPKM darurat menerima bantuan paket sembako. Bantuan tersebut diharapkan mampu meringankan beban warga yang tidak dapat beraktifitas akibat dari positif Covid-19 dan pembatasan-pembatasan.

Paket sembako tersebut disiapkan oleh Pemerintah Kota Semarang untuk seluruh warga yang berhak menerimanya. Adapun alur distribusi sembako akan dimulai dari kecamatan kemudian didistribusikan ke kelurahan. Untuk masing-masing kelurahan akan membagikan kepada warganya melalui RT masing-masing untuk menghindari kerumunan. Hal yang sama juga dilakukan oleh Kelurahan Kalibanteng Kidul. Pihaknya juga menetapkan kebijakan dengan menolak warga yang datang langsung ke kelurahan untuk mengambil sembako. Hal itu semata-mata untuk mengurangi penyebaran virus Covid-19.

"Kelurahan Kalibanteng Kidul menerima sebanyak 242 paket sembako untuk warga yang sudah didata dan lolos verifikasi. Adapun kriteria warga yang lolos data adalah warga yang positif Covid-19 dan warga yang belum mendapatkan bantuan lain seperti BST, PKH, atau program bantuan pemerintah yang lainnya. Hal ini dilakukan agar tercipta kemerataan dan tidak tumpang tindih," ujar Lilis Ponco R, SH selaku seksi Kesejahteraan Sosial Kelurahan Kalibanteng Kidul. "Awalnya kouta sembako untuk Kelurahan Kalibanteng Kidul ada 200 paket namun karena ada kelurahan lain yang tidak memenuhi kouta akhirnya kita bisa menambah data warga yang terdampak," tambah Lilis Ponco R, SH.

Untuk distribusi paket sembako di wilayah kelurahan kalibanteng kidul dilaksanakan pada hari Senin, 12 Juli 2021 sampai hari Jum'at, 16 Juli 2021. Pihak kelurahan juga secara simbolis turun langsung ke lapangan untuk mendistribusikan sembako ke beberapa RT pada hari Kamis, 15 Juli 2021. Adapun isi dari paket sembako yaitu beras dengan berat 5 kg, mie kuah 10 bungkus, 1 pack teh celup, 1 pcs kornet, minyak goreng 500 ml serta gula pasir 1/2 kg.

*BANTUAN PAKET COVID KIT GRATIS

covidkit1-60ffb5b2b9c23411b64bab72.jpg
covidkit1-60ffb5b2b9c23411b64bab72.jpg

Sebagai bentuk kepedulian terhadap warga sekitar, mahasiswa KKN TIM II UNDIP yang berkegiatan di lingkungan Kelurahan Kalibanteng Kidul memberikan bantuan berupa paket Covid Kit secara cuma-cuma. Covid Kit tersebut terdiri atas hand sanitizier, masker kain dan masker medis.

"Kami memprioritaskan bagi warga RW 04 kelurahan Kalibanteng Kidul yang sering beraktifitas di luar rumah serta warga yang sekiranya membutuhkan. Sebagian Covid Kit juga akan diberikan kepada para pedagang yang berada di sekitar jalanan Kalibanteng." ujar Ana, salah satu mahasiswa KKN Undip.

Harapannya dengan diberikan paket Covid Kit tersebut warga menjadi lebih sadar akan pentingnya protocol kesehatan. Hal itu semata-mata demi kesehatan bersama dan untuk mengurangi penyebaran virus covid-19.

DPL :    Nuryanto, S.Gz., M.Gizi.

Writer : Siti Nurkhasanah (FEB)

Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x