Mohon tunggu...
Ana Rizky Amalia
Ana Rizky Amalia Mohon Tunggu... Mahasiswa

Mahasiswa IAIN Jember Prodi Piaud

Selanjutnya

Tutup

Filsafat

Filsafat Ilmu, Problema, Manfaat, Objek, dan Arah Filsafat Ilmu

9 Oktober 2019   19:04 Diperbarui: 9 Oktober 2019   21:05 0 0 0 Mohon Tunggu...

Filsafat Ilmu itu berasal dari dua kata filsafat dan juga ilmu, yang pertama adalah filsafat. Filsafat itu berasal dari kata Yunani filo dan logis. Filo itu sendiri yaitu berarti cinta atau mencintai dan logis yaitu kebijaksanaan, kemudian arti filsafat dari arti luasnya adalah mencari atau mendalami perenungan atau pemikiran sedalam dalamnya atau sampai ke akar akarnya untuk mencari hakikat suatu kebenaran.

Promlema Filsafat yg saya tau yaitu ada 3 yang pertama adalah 1. Problem Logika adalah suatu proses berfikir yang menghasilkan pengetahuan kemudian ynag ke 2. Problema Etika yaitu moral atua proses suatu kebiasaan dan yang ke 3. Problema Estetiak atau ke indahan adalah suatu hal hal yang bersifat keindahan.

Manfaat belajar filsafat kita itu dapat mengkritisi suatu masalah dan mampu berfikir secara logis. Kemudian filsafat itu akan mengajak kita untuk memahami tentang ide ide dan tentang pengalaman kita sebagai manusia.

Kemudian secara umum filsafat itu mempunyai objek yaitu segala sesuatu yang ada dan boleh di aplikasikan, jadi objek filsafat ilmu itu adalah sesuatu yang akan kita jadikan objek dan objek itu memang sudah ada di dunia ini. Jadi objek filsafat itu di ketegorikan menjadi dua, yang pertama objek materi dan yang kedua objek formal.

Kemudian fungsi dan arah filsafat. 

Jadi filsafat itu mengarahkan kita (manusia) dalam memecahkan suatu masalah masalah yang kita hadapi dalam kehidupan keluarga maupun masyarakat.

KONTEN MENARIK LAINNYA
x