Mohon tunggu...
Nanang BudiS
Nanang BudiS Mohon Tunggu... Seseorang dari latar belakang keluarga dan pendidikan yg sederhana

Hidup lebih berarti jika bermanfaat buat orang banyak

Selanjutnya

Tutup

Otomotif Pilihan

5 Hal Prosedur yang Perlu Diperhatikan oleh Pengguna Mobil Pemula

27 Oktober 2019   17:49 Diperbarui: 27 Oktober 2019   18:07 173 0 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
5 Hal Prosedur yang Perlu Diperhatikan oleh Pengguna Mobil Pemula
images-1-5db575bcd541df4b4a07dab2.jpeg

                                                                                                                         Sumber gambar:otomania.gradoto.com

Bagi para pemula yang memiliki mobil  mungkin masih bingung ataupun awam dalam melakukan perawatan mobil kesayangan anda.Bagaimana cara melakukan proses pemeliharaan dan perawatan sehingga mobil anda tetap prima dan tidak mengalami problem masalah saat di pakai dalam perjalanan baik dekat maupun jauh.

Seringkali para pengguna mobil khususnya pemula / yang baru pertama kali memiliki mobil hanya tahu memacu kendaraannya saja.Maka dari itu,disini kita akan bahas atau sharing bagaimana cara perawatan mobil yang benar.

1.Lakukan proses Warm up(memanaskan mesin)di setiap pagi hari.

Jika mobil anda sering dipakai untuk berkendara ataupun tidak.Sebaiknya setiap pagi mesin di starter (dihidupkan)dengan posisi mesin idle/stasioner dalam kurun waktu minimal 5 menit.Yang dimaksud dengan mesin idle/stasioner adalah posisi dimana mesin di hidup tanpa meneken pedal gas.

Mungkin banyak yang bertanya kenapa harus dalam idle/stasioner atau tidak usah menekan pedal gas saat memanaskan mesin mobil anda.Hal ini karena,pada saat pagi hari mobil anda dalam beberapa jam tidak dipakai.Maka oli/pelumas yang ada di dalam mesin anda akan turun ke bak oli / carter.Jika saat proses warm tersebut dilakukan dengan menekan pedal gas,yang terjadi mesin akan bekerja dengan ekstra.

Padahal komponen mesin belum semuanya terlumasi oli.Ini akan menyebabkan komponen mesin anda cepat rusak.Walau tidak secara langsung dampaknya.Tujuan dari melakukan proses Warm Up di pagi hari untuk mensuplai pengisian ke baterai sehingga baterai tidak cepat ngedrop/tekor.

2.Lakukan Pengecekan rutin dan ringan sebelum melakukan perjalanan

Pengecekan ringan ini dilakukan dengan cara membuka kap mobil kendaraan anda.Pastikan baik dari air yg ada di baterai,air washer,minyak rem,cukup/tidak kurang biasanya level berada di posisi full/upper.Kemudian check level oli mesin anda dengan menarik stick oli kmudian liat posisi level oli mesin anda.check juga kekencangan V-belt.

3.Check Lampu lampu baik di eksterior maupun interior.

Check lampu kota/kecil,lampu dekat,lampu jauh,foglamp,hazard,lampu rem,lampu mundur.Apakah berfungsi dengan baik/tidak ada yang mati.Hal ini bertujuan untuk keselamatan anda saat berkendara ataupun pengendara lain,pengguna jalan.Check juga lampu indikator pada dasboard apakah berfungsi dengan baik dan tidak ada yg abnormal.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN