Mohon tunggu...
Anang Setiawan
Anang Setiawan Mohon Tunggu... wiraswasta -

Bercerita semoga ada arti dan makna di dalamnya

Selanjutnya

Tutup

Inovasi Pilihan

Kupas Tuntas Indonesia.Travel

27 Januari 2014   09:53 Diperbarui: 24 Juni 2015   02:26 122
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

World Travel Market yang berpusat di London, Inggris sejak tahun 2011 memasukkan Indonesia ke dalam kelompok negara yang mempunyai potensi besar untuk berkembang dalam industri pariwisata. Kekayaan alam dan budaya, populasi yang besar dan masih bertumbuh serta besarnya pendapatan merupakan faktor utama pendukung industri pariwisata di Indonesia untuk tumbuh dan berkembang. Masih mengutip data dari World Travel Market, pada tahun 2012 di kawasan Asia Pasifik, online travel bertumbuh hingga 19%. Sedangkan secara global pasar online travel pada tahun 2102 bertumbuh 8.4% atau menguasai 25% dari industri pariwisata. Hal ini menjadikan posisi Indonesia.travel sebagai gerbang resmi pariwisata Indonesia di dunia maya menjadi sangat penting. Posisi Indonesia Pada tahun 2012, Indonesia di kunjungi oleh 8, 8,044,462 wisatawan asing. Indonesia menduduki peringkat ke 4 di antara Negara-negara ASEAN. Posisi puncak di pegang oleh Malaysia dengan 25,032,708 wisatawan asing. [caption id="attachment_318513" align="aligncenter" width="300" caption="Jumlah Kunjungan Wisatawan Asing 2012"][/caption]

Berdasar data kunjungan wisatawan asing tersebut maka saya akan membandingkan portal Indonesia Travel dengan portal pariwisata resmi dari Malaysia, Thailand, dan Singapura. Tampilan Depan Cinta pada pandangan pertama menggambarkan bahwa kesan pertama sangatlah penting, bagaimana kesan pertama untuk portal Indonesia.travel? [caption id="attachment_318514" align="aligncenter" width="300" caption="Halaman Depan Indonesia.Travel"]

1390788758895662712
1390788758895662712
[/caption] Kesan pertama saya adalah Indonesia travel mempunyai halaman depan yang sangat berwarna, terlalu berwarna menurut saya. Bahasa utama yang di gunakan oleh Indonesia.travel adalah bahasa Inggris, dan menu untuk mengganti bahasa juga letaknya tersembunyi dengan warna hitam yang tidak terlihat. Sebagai perbandingan portal pariwisata Singapura, pengunjung langsung di beri kesempatan untuk memilih bahasa yang sesuai dengan preferensinya dengan kemunculan pop-up. [caption id="attachment_318515" align="aligncenter" width="300" caption="Tampilan Depan Webiste Pariwisata Malaysia"]
13907888181238147914
13907888181238147914
[/caption] Juara untuk tampilan depan adalah portal pariwisata Malaysia, di mana tampilan bahasa akan langsung berubah secara otomatis berdasar dengan IP Address pengunjungnya. Saran: Sebaiknya tampilan depan di buat lebih minimalis dan menu penggantian bahasa yang lebih mudah di cari, atau secara otomatis berganti mengikuti IP Address pengunjung. Perlu juga untuk di tambahkan dengan versi bahasa Rusia. Kecepatan akses Sebagai pengguna internet ketika mencari sebuah informasi maka kecepatan akses sebuah portal adalah salah satu faktor penentu apakah saya akan terus mengakses portal tersebut atau saya akan mencari portal lain. Untuk pengukuran kecepatan akses saya menggunakan gtmetrix.com dengan parameter Sydney sebagai lokasi test karena menurut laporan Visa dalam Global Travel Intentions Study 2013, 20% wisatawan asing yang berkunjung ke Indonesia berasal dari Australia. Browser Firefox [caption id="attachment_318516" align="aligncenter" width="300" caption="Hasil Test Dengan Firefox"]
1390788896186346845
1390788896186346845
[/caption] Browser Chrome [caption id="attachment_318517" align="aligncenter" width="300" caption="Hasil Test Dengan Browser Chrome"]
13907889621356630602
13907889621356630602
[/caption] Dari dua test di atas bahwa kecepatan akses dari portal Indonesia.travel masih kurang cepat dan perlu banyak perbaikan. Saran: [caption id="attachment_318518" align="aligncenter" width="300" caption="Rekomendasi Perbaikan"]
1390789026737821322
1390789026737821322
[/caption] Berdasar saran dari gtmetrix.com yang perlu di perbaiki adalah optimasi gambar dan leverage browser caching. Forum sebagai pelengkap website Indonesia.travel perlu untuk di ramaikan kembali, keberadaan forum sebagai user generated content akan membuat informasi yang terdapat di Indonesia.travel lebih up to date. Akses Dari Perangkat Bergerak Mengutip data dari mashable.com, pada bulan Juli 2013 17% pengakses internet berasal dari perangkat bergerak. Atau bertambah 6% dari tahun sebelumnya. Hal ini menjadikan portal yang mobile friendly menjadi sangat penting. [caption id="attachment_318519" align="aligncenter" width="300" caption="Peningkatan Akses Dari Perangkat Bergerak"]
13907890841800601059
13907890841800601059
[/caption] Untuk mengukur dan membandingkan kecepatan akses Indonesia.travel saya juga menggunakan situs gtmetrix.com [caption id="attachment_318520" align="aligncenter" width="300" caption="Hasil Mobile Test"]
1390789155206515649
1390789155206515649
[/caption] Dari data pengukuran di atas Indonesia.Travel mencatat skor terendah, jelas terlihat bahwa untuk akses dari perangkat bergerak portal Indonesia.travel masih memerlukan banyak perbaikan. Satu hal yang patut di apresiasi adalah sudah tersedianya aplikasi mobile untuk Indonesia.travel. Saran: [caption id="attachment_318522" align="aligncenter" width="300" caption="Saran Perbaikan"]
13907892412067220340
13907892412067220340
[/caption] Selain itu menurut saya perlu untuk membuat portal versi mobile dari Indonesia.travel dan mempromosikan aplikasi mobile agar lebih banyak di unduh oleh pengguna ponsel pintar. Sosial Media Mengutip data dari stikkymedia.com, 92% konsumen mempercayai informasi yang mereka peroleh dari rekomendasi teman, dan keluarga di bandingkan informasi yang mereka peroleh dari iklan berbayar di televisi, majalah. Sosial media merupakan saluran yang tepat untuk membangun word of mouth marketing. Saluran sosial media yang dimiliki oleh Indonesia.travel sudah lengkap, terlengkap di antara negara-negara tetangga. Dalam pembahasan sosial media ini saya hanya akan membahas 2 sosial media yang popular, facebook dan twitter. Facebook Dalam facebok fitur yang penting untuk diperhatikan selain banyaknya Likes adalah People Talking About This yang mengukur interaksi antara facebook fanpage dengan pengguna facebook dalam jangka waktu 1 minggu terakhir. [caption id="attachment_318523" align="aligncenter" width="300" caption="Statistik Fanpage Indonesia Travel"]
1390789299487614317
1390789299487614317
[/caption] Like untuk Indonesia travel adalah 96,656 Likes, dengan most popular city (Kota dimana sebuah fanspage paling banyak di bicarakan) adalah kota Jakarta dan rentang usia18-24 tahun, rentang usia termuda di banding dengan fanspage negeri tetangga yang semua berada di rentang usia 25-34 tahun. Fanspage Indonesia.travel hanya mencatatkan angka 506 untuk people talking about this, atau hanya 0.52% jika di bandingkan dengan jumlah likes yang dimiliki. [caption id="attachment_318525" align="aligncenter" width="300" caption="Peringkat People Talking About This"]
13907893691636757426
13907893691636757426
[/caption] Posisi terendah untuk yang di dapat Indonesia.travel untuk people talking about this berarti interaksi yang terjadi antara Indonesia.travel dengan fans di facebook masih sangat kurang. [caption id="attachment_318545" align="aligncenter" width="300" caption="Statistik Fanpage Singapura"]
13907904522033547025
13907904522033547025
[/caption] Fakta yang cukup menarik adalah di fanspage Singapura, yang mendapat gelar The most popular city adalah Jakarta Untuk analisa yang lebih mendalam saya menggunakan twtrland.com [caption id="attachment_318527" align="aligncenter" width="300" caption="Statistik Facebook Fanpage Indonesia Travel"]
1390789468317003955
1390789468317003955
[/caption] Rata-Rata Jumlah Post Perminggu [caption id="attachment_318528" align="aligncenter" width="300" caption="Rata-rata Posting Perminggu"]
13907895561626823471
13907895561626823471
[/caption] Indonesia.travel cukup aktif dengan 3 post perminggu. Rata-Rata Likes Per Post [caption id="attachment_318529" align="aligncenter" width="300" caption="Rata-Rata Likes Perpost"]
13907896091204957978
13907896091204957978
[/caption] Rata-rata Komentar Per Post [caption id="attachment_318530" align="aligncenter" width="300" caption="Rata-rata Komentar Per Post"]
1390789662900558355
1390789662900558355
[/caption] Dari rata-rata Likes dan Komentar perposting terlihat bahwa Indonesia.travel masih kurang interaksinya dengan fans di facebook. Demografis [caption id="attachment_318534" align="aligncenter" width="300" caption="Demografis Facebook Fanpage Indonesia Travel"]
1390789880342561023
1390789880342561023
[/caption] Fanpage Indonesia 88.9 % berasal dari Indonesia, hal ini menunjukkan bahwa belum berhasil menjaring pengguna facebook dari luar negeri untuk menjadi fans. [caption id="attachment_318533" align="aligncenter" width="300" caption="Demografis Fanpage Negara Tetangga"]
13907897292090524173
13907897292090524173
[/caption] Fakta yang menarik dari data demografis fanpage dari Singapura, Thailand dan Malaysia adalah Indonesia masuk sebagai 5 besar likes terbanyak. Saran: Meningkatkan interaksi antara Indonesia.travel dengan fans di facebook dan memperbanyak jumlah fans dari luar Indonesia. Twitter Follower [caption id="attachment_318535" align="aligncenter" width="300" caption="Twitter Follower"]
13907899881167203583
13907899881167203583
[/caption] Indonesia menempati urutan kedua untuk jumlah followers. Rata-rata Tweet per Hari [caption id="attachment_318537" align="aligncenter" width="300" caption="Rata-rata Tweet per Hari"]
13907900771311467184
13907900771311467184
[/caption] Dengan rata-rata 9 tweet perhari maka @indtravel cukup aktif dalam berkicau di Twitter. Rata-rata ReTweet per 100 Tweet Ini mengukur kemampuan @indtravel dalam menyebarkan sebuah informasi dengan viral. [caption id="attachment_318540" align="aligncenter" width="300" caption="Rata-rata ReTweet per 100 Tweet"]
1390790164128860938
1390790164128860938
[/caption] Rata-rata Replies per 100 Tweet Mengukur kemampuan @indtravel dalam membangun sebuah percakapan. [caption id="attachment_318541" align="aligncenter" width="300" caption="Rata-rata Replies per 100 Tweet"]
1390790214900352837
1390790214900352837
[/caption] Demografis [caption id="attachment_318542" align="aligncenter" width="300" caption="Demografis Follower @indtravel"]
1390790253570720150
1390790253570720150
[/caption] Akun @indtravel mempunyai 87.4% followers yang berasal dari Indonesia, dengan 60% follower perempuan. [caption id="attachment_318543" align="aligncenter" width="300" caption="Demografis Followers Twitter Negara Tetangga"]
1390790306102300959
1390790306102300959
[/caption] Data yang menarik adalah bahwa dari akun twitter Singapura, Indonesia tercatat sebagai follower kedua terbanyak dengan kota Jakarta sebagai kota terbanyak yang follow akun twitter Singapura. Saran Akun @indtravel sudah cukup baik dalam membangun percakapan dan menyebarkan informasi di twitter hanya perlu menambah jumlah follower dari luar negeri untuk lebih mempromosikan keindahan Indonesia ke wisatawan asing. Catatan: Klik di bagian gambar untuk memperbesar ukurannya.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Inovasi Selengkapnya
Lihat Inovasi Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun