Mohon tunggu...
Anang P Armanto
Anang P Armanto Mohon Tunggu... Tentara - A doctoral program student at Indonesia Defense University

a navy officer with the rank of CDR, running with INDF PKC now as Kabagopspamlat Satlat,

Selanjutnya

Tutup

Sosbud Pilihan

Dampak Invention pada Kehidupan Masyarakat Indonesia

25 Oktober 2021   07:15 Diperbarui: 25 Oktober 2021   07:20 194 2 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Sosbud. Sumber ilustrasi: KOMPAS.com/Pesona Indonesia

Oleh: Anang P Armanto

Salah satu sifat manusia adalah mempunyai keinginan untuk terus berkembang, juga keinginan untuk mempermudah proses dengan membuat shortcut pada segala bidang kehidupan, demikian juga dalam penguasaan tehnologi dalam mendukung serta mensupport pola hidup dan kehidupan manusia. Jaman terus mengalami perubahan dan perkembangan dari waktu ke waktu. 

Semakin bertambahnya waktu, maka semakin canggih dan modernnya perkembangan teknologi yang ada.  Sebagai hasil dari peradaban manusia, setiap hari ada saja penemuan teknologi tercanggih. Yang pada akhirnya, perkembangan teknologi modern saat ini dalam waktu cepat bisa digantikan dengan teknologi baru lainnya.

Teknologi merupakan ciptaan olah pikir dan olah karsa dari manusia yang berupaya untuk membantu meringankan pekerjaan manusia. Pada saat ini  sudah banyak penemuan dalam bidang teknologi yang digunakan manusia untuk membantu meringankan sejumlah pekerjaan atau aktifitas manusia. Dimulai sejak masa lalu, penggunaan di masa sekarang dan perencanaan di masa mendatang. 

Sehingga manusia jaman sekarang akan merasakan teknologi baru yang canggih di masa depan jika ia masih hidup di masa mendatang. Semua perubahan pasti akan mengakibatkan hasil yang positif dan juga akan mempunyai dampak negatif.

Penemuan tehnologi atau technological inventions pasti akan mempunyai hubungan yang erat dengan perubahan sosial di masyarakat, baik yang menggunakan langsung maupun tidak langsung. 

Masyarakat luas sebagai pengguna hasil penemuan tehnologi akan merasakan suatu perubahan fenomena kehidupan di dalam pola hidupnya, walaupun tidak serta merta berubah, akan tetapi proses yang dialaminya akan sedikit mempengaruhi kehidupan sosial pada masyarakat tersebut. Kehidupan manusia tidak dapat dilepaskan dari yang namanya penggunaan teknologi.

Terlihat di sekitar dan di dalam rumah, terdapat sebagian besar peralatan dan perlengkapan teknologi. Seperti mesin cuci, kompor gas, magic com, blender, mixer, magic jar, radio, komputer, mesin cukur listrik, kipas angin listrik, televisi, telepon selular pintar dan lain sebagainya. 

Salah satunya adalah dengan ditemukan dan digunakan secara luas jejaring sosial melalui aplikasi telepon genggam  atau telepon seluluar pintar yang dengan mudahnya diunduh oleh masyarakat. Penemuan aplikasi ini sudah pasti akan menimbulkan suatu fenomena yang baru pada pola kehidupan kegiatan masyarakat. Efek positif dan dampak negatif akan selalu berjalan beriringan sepertinya dua sisi mata uang yang tidak bisa dipisahkan.

Esai ini akan mengulas tentang dampak yang akan ditimbulkan dengan adanya penemuan baru jejaring sosial di tengah masyarakat Indonesia diselaraskan dengan perubahan sosial yang terjadi pada masa sekarang.

Perubahan Sosial yang Terjadi

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
Mohon tunggu...

Lihat Konten Sosbud Selengkapnya
Lihat Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan