Mohon tunggu...
ananda asyifa
ananda asyifa Mohon Tunggu... Mahasiswa - mahasiswa

sukadamai

Selanjutnya

Tutup

Edukasi

KKN Tematik UPI 2021: Manfaat Kecakapan Literasi Digital bagi Siswa di Masa Pandemi

7 Agustus 2021   20:19 Diperbarui: 7 Agustus 2021   20:57 67 0 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
KKN Tematik UPI 2021: Manfaat Kecakapan Literasi Digital bagi Siswa di Masa Pandemi
Dok. Pribadi

Pemberitaan melalui media online termasuk media sosial di Indonesia sehubungan dengan pandemi COVID-19 diketahui masih menjadi sumber pemberitaan yang paling diminati oleh masyarakat. Pemberitaan ini dipilih karena memiliki aspek-aspek kognitif yang diperlukan yaitu frekuensi, keterkinian,  dan juga kemudahan akses. Namun sayangnya, informasi yang beredar ini tidak selalu bersifat benar. Banyak berita hoax yang masih beredar melalui jenis media ini. 

Sehingga untuk menyeimbangi hal ini, diperlukan pemanfaatan media sosial dengan cara yang positif seperti misalnya untuk menyiarkan informasi dan edukasi bagi masyarakat khususnya generasi muda dan juga siswa menengah atas mengenai pandemi. Terlebih lagi, siswa menengah atas termasuk pada golongan yang memiliki sifat untuk aktif dan selalu memanfaatkan teknologi digital. 

Cara tersebut dapat dilakukan dengan edukasi mengenai literasi digital, serta pemanfaatan media sosial dalam memerangi radikalisme yang terjadi di Indonesia dengan penyiaran berita dan konten baik. Edukasi literasi digital yang dilakukan dapat berbentuk dengan memilih konten, menyaring konten, melakukan pengecekan sebelum menyebarkan kembali, memahami sistem kerja jurnalistik dan undang-undang yang berlaku, serta menyebarkan konten baik untuk menyeimbangi hoaks yang beredar. 

Dengan dilakukannya literasi digital tersebut, maka diharapkan pandemi dan krisis kesehatan yang terjadi di Indonesia dapat segera diatasi dan tidak menimbulkan berbagai ketakutan bagi masyarakat secara luas.

Mohon tunggu...
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan