Mohon tunggu...
Anan Alkarawangi
Anan Alkarawangi Mohon Tunggu... Jurnalis Warga
Akun Diblokir

Akun ini diblokir karena melanggar Syarat dan Ketentuan Kompasiana.
Untuk informasi lebih lanjut Anda dapat menghubungi kami melalui fitur bantuan.

Duta Pasundan Di Bumi Majapahit

Selanjutnya

Tutup

Humaniora

Babinsa Pagerjo Koramil 0815/05 Gedeg Dampingi Petani Bersihkan Gulma

16 Juni 2019   16:42 Diperbarui: 16 Juni 2019   16:45 0 0 0 Mohon Tunggu...
Babinsa Pagerjo Koramil 0815/05 Gedeg Dampingi Petani Bersihkan Gulma
Babinsa Pagerjo Dampingi Petani Bersihkan Gulma (Pendim 0815 Mjk)

Mojokerto- Koramil 0815/05 Gedeg Kodim 0815 Mojokerto memaksimalkan upaya khusus pendampingan ketahanan pangan di seluruh wilayah Kecamatan Gedeg, Kabupaten Mojokerto, Jawa Timur.

Aktivitas pendampingan yang dilakukan para Babinsa secara serentak di desa binaan masing-masing ini, bertujuan untuk membantu petani mewujudkan swasembada pangan demi tercapainya ketahanan pangan secara nasional.

Kali ini upaya khusus pendampingan dilakukan Babinsa Pagerjo, Serka Matrokimin, yang mendampingi membersihkan gulma dan rumput liar di lahan seluas 0,3 hektar yang ditanami jenis padi varietas Ciherang, milik Bambang, Anggota Poktan Tani Mulyo - 1, Dusun Genengsono, Desa Pagerjo, Minggu (16/06/2019).

Gulma merupakan tanaman pengganggu yang menjadi salah satu kendala utama yang dihadapi petani dalam memperoleh hasil panen yang maksimal.

Hal tersebut disampaikan Babinsa Pagerjo Koramil 0815/05 Gedeg Serka Matrokhimin, di sela-sela kegiatan pendampingan.

Untuk itu, lanjut Babinsa, salah satu cara untuk mengendalikan gulma atau rumput liar melalui membasminya dengan memotong akar atau mencabut gulma itu sendiri. "Selain ini pengendalian gulma juga bisa dilakukan melalui penggunaan herbisida tertentu," imbuh Babinsa Pagerjo.

"Apabila terbebas dari gulma, maka tanaman padi akan lebih leluasa menyerap unsur hara, air dan cahaya serta dapat tumbuh maksimal sehingga hasil panen lebih optimal," pungkas Babinsa.

KONTEN MENARIK LAINNYA
x