Mohon tunggu...
Anan Alkarawangi
Anan Alkarawangi Mohon Tunggu... Jurnalis Warga
Akun Diblokir

Akun ini diblokir karena melanggar Syarat dan Ketentuan Kompasiana.
Untuk informasi lebih lanjut Anda dapat menghubungi kami melalui fitur bantuan.

Duta Pasundan Di Bumi Majapahit

Selanjutnya

Tutup

Humaniora

Babinsa Koramil 0815/11 Pungging bersama Relawan Mitra BPBD Evakuasi Pohon Tumbang

16 Desember 2018   21:10 Diperbarui: 17 Desember 2018   01:00 0 0 0 Mohon Tunggu...
Babinsa Koramil 0815/11 Pungging bersama Relawan Mitra BPBD Evakuasi Pohon Tumbang
Babinsa Koramil 0815/11 Pungging Kodim 0815 Mojokerto Serma Moch. Ainun bersama Relawan Mitra BPBD dan Warga Evakuasi Pohon Tumbang, Sabtu (15/12/2108) sore.

Mojokerto, - Kehadiran Bintara Pembina Desa (Babinsa) di tengah-tengah masyarakat diharapkan memiliki manfaat dan nilai tambah tidak hanya bagi satuan komando kewilayahan namun tentunya bagi masyarakat itu sendiri yang ada di daerah penugasan Babinsa.

Hal ini tidak terlepas dari fungi pembinaan wilayah yang diaplikasikan melalui pembinaan teritorial (Binter) salah satunya melalui melalui metode komunikasi sosial (Komsos). Melalui kemampun Komsos ini diharapkan para Babinsa tidak hanya mampu membangun komunikasi dengan semua elemen masyarakat namun harus bersinergi dalam berbagai forum dan kegiatan sehingga mudah mendapatkan bantuan baik tenaga maupun informasi apabila terjadi suatu peristiwa maupun kegiatan di wilayah binaan.

Seperti saat kejadian pohon tumbang di wilayah Desa Tunggalpager tepatnya di Jalan Brawijaya Desa Tunggalpager Kecamatan Pungging Kabupaten Mojokerto, Jawa Timur pada Sabtu (15/12/2018) siang, Babinsa Tunggalpager Koramil 0815/11 Pungging Kodim 0815 Mojokerto Serma Moch. Ainun bersama-sama dengan Relawan Mitra BPBD Kabupaten Mojokerto, Dinas PUPR dan warga terjun ke lokasi melakukan evakuasi pohon tumbang.

Pantauan di lapangan, tumbangnya pohon jenis akasia berdiameter 40 Cm disebabkan angin kencang yang melanda wilayah tersebut pada Sabtu siang sekitar pukul 13.30 WIB. Karena kondisi pohon sudah tua dan rapuh akhirnya pohon akasia tersebut roboh ke tengah badan Jalan Brawijaya yang merupakan jalur utama Pungging -- Mojosari sehingga mengakibatkan terhambatnya arus lalu lintas dalam beberapa waktu.

Akibat kejadian tersebut, satu orang warga atas nama Taufiq Irawan (30) mengalami luka ringan karena terkena dahan ranting pohon akasia selanjutnya dievakuasi ke RSUD Prof. DR. Soekandar Mojosari, dan kerugian lainnya yakni satu unit sepeda motor rusak ringan.

Untuk mengatasi kondisi tersebut, TRC BPBD, anggota Polsek Pungging, anggota Koramil 0815/11 Pungging, Relawan ISM, Relawan KORI, dan Dinas PUPR serta warga sekitar turun ke lokasi bergotongroyong dan bahu membahu melakukan pembersihan lokasi dan mengevakuasi pohon tumbang.  

Sekira pukul 15.00 WIB pohon tumbang berhasil dievakuasi, dan arus lalu lintas dari Mojosari - Pungging maupun sebaliknya kembali normal. Sementara untuk perbaikan jalur listrik masih dalam penanganan Pihak PLN Mojosari.

Terpisah Danramil 0815/11 Pungging Kodim 0815 Mojokerto Kapten Arh Aris Tiyono, saat dikonfirmasi mengatakan, memang sudah menjadi tugas Babinsa untuk selalu memonitor setiap perkembangan situasi di wilayah binaan.

"Babinsa juga harus mampu membangun komunikasi dengan semua lapisan masyarakat, apabila suatu saat membutuhkan informasi dan bantuan mudah untuk mengontaknya, seperti untuk kerja bakti, gotong royong dan kegiatan seperti ini (red-evakuasi pohon tumbang)," terang Danramil.

VIDEO PILIHAN