Anan Alkarawangi
Anan Alkarawangi

Duta Pasundan Di Bumi Majapahit

Selanjutnya

Tutup

Humaniora

HUT TNI Ke-73 Kodim 0815 Gelar Karya Bakti di Masjid Villa Durian Do'a Yatim Sejahtera

3 Oktober 2018   17:35 Diperbarui: 3 Oktober 2018   17:40 109 0 0
HUT TNI Ke-73 Kodim 0815 Gelar Karya Bakti di Masjid Villa Durian Do'a Yatim Sejahtera
Personel Kodim 0815 & Instansi Terkait Saat Karya Bakti Melepas Steger/Penyangga Cor Di Masjid Villa Durian

 

MOJOKERTO, - Menjelang Peringatan Hari Ulang Tahun Ke-73 Tentara Nasional Indonesia (TNI) Tahun 2018, Kodim 0815 Mojokerto menggelar berbagai kegiatan sosial di wilayah Kabupaten dan Kota Mojokerto. 

Aksi sosial kali ini berupa karya bakti di Masjid Yayasan Villa Durian Do'a Yatim Sejahtera Dusun Belor Desa Kembangbelor Kecamatan Pacet Kabupaten Mojokerto, Jawa Timur, Rabu (03/10/2018).                        

Kegiatan yang dikemas dalam bentuk "Kegiatan Karya Bakti Dalam Rangka Memperingati HUT TNI Ke-73 Tahun 2018 Di Wilayah Kodim 0815 Mojokerto" dipimpin Kasdim 0815 Mojokerto Mayor Inf  Nuryakin, S.Sos.

Dalam karya bakti tersebut sedikitnya melibatkan 152 personel terdiri dari Unsur TNI Kodim 0815 sebanyak 59 personel, Unsur Polri dari Polres Mojokerto 15 personel, FKPPI 15 personel, Pramuka 20 personel dan masyarakat sebanyak 43 orang.

Dengan penuh semangat aparat dari TNI-Polri bergotong royong bersama komunitas FKPPI, Pramuka dan masyarakat melepas steger/penyangga cor di Masjid Ar-Rahman yang berbentuk kapal.  Selain itu dilakukan juga pengurukan, pemadatan tanah dan pembersihan masjid yang dirancang empat lantai berukuran panjang 30 meter, lebar 15 meter dan tinggi 25 meter.

Saat diwawancarai media, Kasdim 0815 Mojokerto Mayor Inf  Nuryakin, S.Sos, mengatakan, yang dilakukan Villa Durian  Do'a Yatim Sejahtera merupakan sesuatu yang positif, untuk itu Komandan Kodim 0815 Letkol Kav Hermawan Weharima, SH dari jauh-jauh hari sudah merencanakan untuk melaksanakan karya bakti di Villa Durian, namun beliau berhalangan hadir karena ada tugas ke Surabaya yang tidak bisa diwakilkan sehingga dalam karya bakti ini menugaskan Kasdim.

Apa yang menjadi kesulitan masyarakat, lanjut Kasdim, TNI akan terus berperanserta karena kami sadar tanpa rakyat, TNI tidaklah lengkap dan sempurna, sejarah mencatat TNI dan Rakyat tak terpisahkan.

"Ketika masa perjuangan merebut dan mempertahankan kemerdekaan laskar-laskar pejuang atau tentara republik yang sekarang menjadi TNI, selalu bersama-sama rakyat hingga berdirinya Republik Indonesia. Untuk itu ketika sudah merdeka maka TNI-Rakyat harus bersama-sama mengisi kemerdekaan," ungkap Kasdim.

Karya bakti ini, masih tutur Kasdim, merupakan rangkaian kegiatan HUT TNI Ke-73 Tahun 2018, selain di lokasi ini, kegiatan karya bakti Kodim 0815 juga dilakukan dalam bentuk renovasi Rumah Tidak Layak Huni (RTLH) Veteran Pejuang Kemerdekaan di wilayah Kabupaten dan Kota Mojokerto, dan karya bakti pembersihan saluran air di wilayah Kota Mojokerto bergabung dengan Korem 082/CPYJ.

"Yang kami lakukan ini, untuk mensyukuri lahirnya TNI. TNI bersama rakyat dan Profesionalisme TNI untuk rakyat, ini senantiasa menjadi penekanan dan atensi dari pimpinan karena rakyat merupakan roh sekaligus ibu kandung TNI," pungkas Kasdim.

Sementara Pengurus Villa Durian Do'a Yatim Sejahtera, H. Muchidin mengungkapkan, ini bentuk kepedulian TNI dan dukungan luar biasa dari Kodim 0815 yang telah hadir untuk mendampingi kami dalam melayani mendidik dan membesarkan adik-adik di sini. Wujud nyata TNI ini dimulai sejak pengecoran masjid kapal pada awal September lalu hingga saat ini.

"Kami yakin ke depan beliau-beliau dari TNI tidak akan meninggalkan kami bersama adik-adik yang bermasalah sosial yang saat ini bernaung di rumah aman Villa Durian Do'a Yatim Sejahtera,"harapnya.

Keluarga Besar Villa Durian Do'a Yatim Sejahtera mengucapkan "Selamat Ulang Tahun TNI" , semoga berjaya dalam mengawal NKRI dan juga senantiasa berlanjut kepeduliannya kepada bangsa dan negara, ucap H. Muchidin diakhir wawancaranya.

Tampak hadir dalam kegiatan tersebut, antara lain Danramil 0815/13 Kutorejo Kapten Inf Didik Budi Santoso selaku Perwira Pengendali dan Danramil 0815/16 Pacet Kapten Inf Heru Widodo Cahyono Putro.