Ana Mega
Ana Mega

Assalammu'alaykum, hello guys ! I'm a student and I learnto be a good listener. Like to write and share. I hope everyone can enjoy with my article. Find me in : https://anamegaa.blogspot.co.id/ Happy Reading All

Selanjutnya

Tutup

Gaya Hidup

"One Day With Susilo Siswoutomo"

13 Februari 2018   06:24 Diperbarui: 7 Maret 2018   20:53 404 0 0
"One Day With Susilo Siswoutomo"
Bapak Susilo Siswoutomo saat memberikan kuliah umum pada one day with experts

Kuliah umum kali ini saya merasa berbeda. Salah satu program terbaru dari kemahasiswaan yaitu 1-Day With Expertsmembuat (saya) mahasiswa PEM Akamigas tertarik untuk mengikuti kuliah umum. Entah mengapa ? Akan tetapi kuliah umum yang satu ini membuat saya menjadi full of motivation.

Bersama dengan Bapak Susilo Siswoutomo, Wakil Mentri Kementrian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM)  Indonesia pada masa Presiden Susilo Bambang Yudhoyono ini saya mendapatkan ilmu tentang the importance of a friend and relations. Beliau lahir di Boyolali pada 4 September 1950 adalah seorang profesional dari Indonesia.

 Susilo Siswoutomo merupakan merupakan lulusan Mechanical Engineering-Solar Refrigration Institute Teknologi Bandung angkatan 1970. Kemudian  setelah lulus dari ITB, beliau  langsung bekerja di Mobil Oil Indonesia (sekarang ExxonMobil Oil Indonesia) dan ditempatkan di Medan. Sambil bekerja, pada 1977-1979, beliau aktif menjadi dosen di Universitas Sumatra Utara dengan mengajar teknik mesin.

Selama 33 tahun beliau menghabiskan karier di ExxonMobil dan memutuskan pensiun pada tahun 2006 dengan posisi akhir Land Task Force Manager. Setelah pensiun, beliau menjadi penasihat ahli di Mobil Cepu Limited, kemudian ditarik ke BPMIGAS (sekarang SKK Migas) menjadi penasihat ahli Wakil Kepala BP Migas. Pada 2011, Susilo juga menjabat sebagai Kepala Pengawasan dan Pengendalian Proyek Pengembangan Lapangan Abadi, Blok Masela.  Dan sekarang ini beliau menjabat sebagai Komisaris Utama PT. Saka Energy.

One-Day With Experts dengan bapak Susilo Siswoutomo memberikan energi baru kepada mahasiswa untuk berkarya dan lebih giat belajar lagi dalam menggapai sebuah cita-cita. Selama kurang lebih dua jam beliau memberikan wejangan-wejangan kepada kami.

Saya sangat tertegun dengan kisah beliau saat masih muda. Saat remaja beliau adalah seorang yang pekerja keras membantu ayah nya dalam merawat sawah orang.  Dari cerita beliau, saya belajar bahwa sebuah mimpi itu harus tetap dipupuk, disiangi, dirawat dan dikembangkan. Karena dengan itu, kita bisa meraih mimpi kita dengan semangat tanpa ragu dalam melangkah.

Selain itu, beliau juga menekankan beberapa hal kepada kami mahasiswa PEM Akamigas yaitu belajar dengan rajin, karena orang yang rajin bisa mengalahkan orang yang cerdas. Lalu, upgrade your softskillseperti berorganisasi, jangan mudah menyerah menggapai sesuatu, kemudian hormatilah orang tua, dosen dan bertemanlah dengan banyak orang. Dan juga mumpung menjadi mahasiswa, harus bisa learn from the mistake serta harus yakin pada kemempuan diri sendiri.

One Day With Experts dengan Bapak Susilo Siswoutomo kali ini sarat akan wejangan-wejangan yang bisa menumbuhkan semangat mahasiswa. Sekali lagi kami mengucapkan terimakasih.

Oleh :  Ana Mega