ana liana
ana liana

sekedar hanya berbagi informasi

Selanjutnya

Tutup

Ekonomi

Langkah Memulai Membuka Usaha Online Shop Bagi Pemula

8 Desember 2016   11:28 Diperbarui: 13 Desember 2016   09:55 175 1 0

Bagaimana tanggapan anda mengenai bisnis online? kalau menurut saya, menjalani bisnis online ini tentu tidak semudah yang kita bayangkan untuk akan memulainya. Sebelum terjun langsung memulai bisnis online, tentunya harus dipersiapkan akan strategi yang benar-benar sudah anda persiapkan dan matang. Strategi ini tentu bisa anda dapatkan dari pengalaman orang lain yang sudah sukses di bisnis online atau bisa juga dengan belajar dari tutorial online yang diberikan oleh orang yang sudah lama berkecimpung di dunia online.

Disini saya akan mencoba memberikan beberapa point penting akan langkah dalam memulai bisnis online dengan mudah. Selain itu, untuk menambah pengetahuan anda tentang menjalankan bisnis online

1. Mulai Memasarkan Produk Melalui Facebook

Bagi anda yang masih pemula, sangat disarankan untuk melakukan promosi produk online anda melalui media sosaal facebook. Media sosal ini sangat efektif untuk bisa mendapatkan banyak pelanggan yang akan membeli produk anda. Pengguna facebook di dunia ataupun di Indonesia sendiri sangatlah banyak sekali, sihingga sangatlah tepat apabila media sosial facebook ini menjadi sarana untuk berpromosi.

2. Mencoba Promosi di Banyak Sosial Media Lainnya

Tentu selain facebook masih banyak yang lain model situs sosial media lainnya. Yang sudah dikenal seperti halnya facebook adalah twitter. Untuk orang yang sudah lama berkecimpung di twitter, tentu pasti sudah memiliki banyak sekali follower. Orang tersebut juga bisa membantu kita untuk berpromosi. Berikanlah produk untuk dipromosikan di akun twitternya yang sudah memiliki banyak follower.

3. Hidarilah promosi Model Spamming

Dalam menggunakan situs sosial media sebagai tempat untuk berpromosi, tentunya harus dilakukan dengan cara yang bijaksana. Hindari promosi dalam bentuk spamming, karena bukan malah membuat produk kita laku, malah menjadi membuat jengkel orang lain. Model spamming itu seperti melakukan mantion-mention pada orang yang isinia tidak jelas dan tidak nyambung dengan topik. Sama halnya di sosmed Facebook, dengan melakukan tag foto kepada orang-orang yang tidak kita kenal atau bahkan bukan teman di facebook. Hal tersebut tentu sangatlah mengganggu orang lain.

4. Menggunakan Informasi yang Lengkap

Disaat membangun sebuah bisnis online dimana menawarkan sebuah produk, tentu informasi akan produk harus diberikan selengkapnya. Hal tersebut dilakukan karena pada calon pelanggan tidak bisa menyentuh langsung atau mencoba produk tersebut. Seperti contohnya, bisnis online yang menawarkan produk baju. Sebaiknya anda harus memberikan informasi akan jenis kain, ukuran baju tersebut secara detai, sehingga si pembeli tidak merasa tertipu disaat menerima barang yang sudah dibelinya.

5. Menggunakan Foto Produk dengan Kualitas yang Bagus

Kunci utama pemasaran produk melalui media online adalah foto dari produk tersebut. Apabila menggunakan foto dengan kualitas yang buruk, tentunya akan membuat para calon pembeli merasa tidak nyaman, belum lagi ditambah dengan adanya perbedaan warna dari foto dengan produk aslinya. Jangan sampai terjadi dikarenakan foto yang tidak maksimal, anda dikenal sebagai toko online penipu karena menjual barang yang tidak sesuai dengan foto yang diinginkan si pembeli.

6. Gunakan Model Dalam Foto Produk

Hasil foto akan produk akan terlihat hidup apabila menggunakan model seseorang, terutama bagi online shop yang memasarkan produk pakaian. Dengan adanya model ini, para calon pembeli juga bisa memperkirakan apabila pakaian tersebut dipakainya. Dengan adanya model produk menjadi tampak lebih menarik bila dilihat.