Agung Wiendarto
Agung Wiendarto Procurement Officer

Bad Photographer, Bad Writer. Lahir di Surabaya, menyukai buku Karl May, Enid Blyton, Hardy Boys, Sir Alfred Joseph Hitchcock, Salandra, Hilman Hariwijaya, tulisan lepas Cak Nun, dan suka terminologi Wimar Witoelar soal orang biasa. Suka bikin aplikasi berbasis Android, terima email di agung@dewagung.com

Selanjutnya

Tutup

Tekno

Website Penipuan Undian Berhadiah Mencatut Polda Metro Jaya

19 Maret 2017   19:34 Diperbarui: 19 Maret 2017   21:02 18501 0 0
Website Penipuan Undian Berhadiah Mencatut Polda Metro Jaya
Website penipuan Undian Berhadiah www.info-android.ga - hasil skrinsyut

Saat ngopi di sore hari ini, Minggu 19 Maret 2017, saya terima teks pesan seorang teman yang menanyakan benar tidaknya pesan BBM yang ia terima. Spontan sih saya mau bilang itu penipuan, mengingat maraknya penipuan online, tapi kok ndak lega kalau tidak cek dahulu seperti apa. Saya coba buka website yang disebutkan di pesan WA tersebut. 

skrisyut pesan WhatsApp teman - foto: koleksi pribadi
skrisyut pesan WhatsApp teman - foto: koleksi pribadi
Ternyata benar. Website ini positif website penipuan. Di bagian kanan website, ditampilkan semua yang dicatut:

Undian disahkan oleh KPK, Seorang Perwira Tinggi, Sistem Informasi Kepegawaian - Kementrian Sosial Republik Indonesia, dan Direktorat Jendral  Pajak.

Cukup menggelikan, sejak kapan KPK menjadi institusi yang mengesahkan hadiah undian? Namun seorang warga awam ~ yang jarang browsing website ~ yang baru saja menerima info dia memenangkan undian, rasa gembiranya mungkin mengalahkan logika.

Bank Besar dan beberapa stasiun TV diklaim sebagai Pendukung Undian. Terdapat tulisan "didukung oleh" Bank BRI, BCA dan Bank BNI. Logo ketiga Bank besar tersebut ditampilkan silih bergantian dan di bawahnya juga menampilkan Stasiun Televisi TV One, RCTI, TRANS-TV, MNC-TV secara bergantian. 

Di halaman utama, website penipuan www.info-android.ga ini mencatut nama DARMAWAN SARSITO.MSi yang setelah saya telusuri sama dengan nama direktur Indofood Sukses Makmur. Apakah foto tersebut adalah foto Bapak Darmawan Sarsito? Si penipu rupanya melakukan kombinasi dengan memakai foto orang lain. Foto yang ditampilkan setelah saya telusuri lagi, ternyata merupakan foto Bapak Hasnul Suhaimi yang mungkin diambil dari Siaran Pers XL tahun 2012  (http://www.xl.co.id/corporate/en/investor/information/investor-news-siaran-pers-xl_laporan-kinerja-1q-2012). 

Foto Kabag Humas Marketing Office PT Smartphone Android, hasil skrinsyut web www.info-android.ga
Foto Kabag Humas Marketing Office PT Smartphone Android, hasil skrinsyut web www.info-android.ga
 Jendral Tito turut dicatut foto dan namanya. Coba buka halaman penanggung jawab, yang alamat internetnya http://www.info-android.ga/p/blog-page_42.html Anda akan lihat tampilan foto-foto yang dicatut penipu. Sungguh berani penipu yang memiliki nomor HP 085 397 884 948 ini.

Nomor HP penipu yang ditampilkan di website penipuan www.info-android.ga - hasil skrinsyut
Nomor HP penipu yang ditampilkan di website penipuan www.info-android.ga - hasil skrinsyut
Ada lebih dari 100 website penipuan gunakan materi dan foto yang sama.

Hasil telusuri foto yang termuat di website penipuan www.info-android.ga lewat fitur mesin pencari gambar Google Images, ternyata mengejutkan! Ada lebih dari 100 website penipuan online yang menggunakan foto tersebut. Klik ini >> https://goo.gl/HVUVr4 

Halaman pertama ada 5 situs. Buka halaman 2 hingga halaman 12, ada 10 situs penipuan di tiap halaman. Total ada 115 website..! Ada beberapa website yang memang merupakan website resmi berhak tampilkan foto Bapak Hasnul Suhaimi, seperti website XL Axiata, PT Pos Indonesia dan beberapa blog yang mengulas kecemerlangan beliau.  

Jika tiap website berhasil menipu 100 orang yang masing-masing mengirimkan 750.000 rupiah, maka 100 website x 100 x 750.000 = 7,5 MILYAR uang rakyat masuk ke kantong sindikat penipu.

Bagaimana cara mengatasi kejahatan online ini ? 

Ada  2 cara yang bisa dilakukan untuk memblokir website-website penipuan ini:

  1. Ke Google untuk situs-situs yang menggunakan Blogger (alamatnya mengandung alamat blogspot.com) dengan mengunjungi link berikut: https://safebrowsing.google.com/safebrowsing/report_phish/?hl=id Butuh lebih dari 1 orang yang melaporkan hingga situs-situs website penipuan bisa diblokir Google.
  2. Ke Kementrian Kominfo dengan mengunjungi lnik berikut: http://trustpositif.kominfo.go.id/

Maukah Anda jadi relawan dalam senyap tanpa tanda jasa untuk melindungi rakyat Indonesia dari tangan penipu ini ?