Mohon tunggu...
Anak Betawi
Anak Betawi Mohon Tunggu...

anak jakarta/lahir di jakarta/gede di jakarta/tapi belom tentu mati di jakarta

Selanjutnya

Tutup

Politik

Gara-gara Fathanah, Rusak Kehormatan Profesi Makelar

10 Mei 2013   08:37 Diperbarui: 24 Juni 2015   13:49 537 5 5 Mohon Tunggu...

Jadi dah dapet benang merahnya kan? siapa fathanah dan apa profesinya? MAKELAR. Yap. Fathanah is Makelar. Apa aja bisa dimakelarin ma Fathanah. Dari mulai tanah, mobil, sampe kasus dan perempuan bisa dimakelarin. Yang terakhir ini malah kabarnya sempet diicip-icip dulu ma die.

Bukan kasusnye yang mau gw komentarin, sebab kasusnya ga menarik buat gue. Tapiiii, ada 1 hal penting yang jadi irisan antara gue sama Fathanah. Yap...gw & Fathanah sama2 MAKELAR !!!!

Begini ya. Makelar itu profesi yang halal. Dah ada dari jamannya Nabi, bahkan kadang nabi memanfaatkan jasa makelar untuk mencari atau menjual barangnya. Jadi profesi makelar ini adalah profesi yang halal sepanjang tidak menerabas batasan syariah yaitu:

1. Perjanjian atau akadnya kudu jelas

Contoh nih. ente nitip mobil ke ane buat dijualin. Ente bilang, "Nih tolong jualin mobil gua yak...dari gue 100 juta, kalo ada lebih buat elo"

jadi kalo ternyata ane berhasil jual tuh mobil seharga 101 juta, 1 juta yang ane terima itu halal buat ane.

Jangan sampe gak jelas akadnya. jadi gak jelas juga berapa komisi buat si makelar & berapa yang didapet si pemilik barang. Contoh: "Woy, jualin mobil gw  yak"... udah...ga ada tambahan apa-apa lagi. Nanti pas laku 100 juta atau lebih, ane sebagai makelar langsung motong 1- 1,5 jt buat jasa makelar, tanpa persetujuan si pemilik. Ini yang gak boleh.

2. Barangnya juga kudu barang yang halal

Kagak boleh ente makelarin narkoba, apalagi daging mentah yang bohay, bisa jalan, juga dandan alias hareeem. Kayak si Fathanah ini.

Tapiiii...gara2 Fathanah ini, runtuhlah kehormatan profesi makelar ini. Seakan2 Makelar jadi profesi hina, kerjaan culas, mau untung sendiri. Hiks...hiks..hikss...

Gw sih dah biasa makelarin tanah, mobil, komputer, jaket, baju, apa aja barang yang nt mau bisa ane makelarin. Yang penting halal.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x