Mohon tunggu...
ANA AQUATA HAVI
ANA AQUATA HAVI Mohon Tunggu... Guru - Guru

Membaca dan Traveling

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan Pilihan

Strategi Guru dalam Membangun Lingkungan Belajar yang Kondusif

3 Februari 2024   15:07 Diperbarui: 3 Februari 2024   15:08 70
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Pendidikan. Sumber ilustrasi: PEXELS/McElspeth

Lingkungan belajar yang kondusif merupakan faktor penting dalam mencapai tujuan pembelajaran. Sebuah kelas yang kondusif adalah kelas di mana siswa merasa aman, nyaman, dan dihargai, sehingga mereka dapat fokus belajar dan mencapai potensi terbaik mereka. Guru memainkan peran penting dalam membangun lingkungan belajar yang kondusif melalui berbagai strategi.

1. Menciptakan Suasana yang Positif

Guru dapat menciptakan suasana yang positif dengan menunjukkan sikap yang ramah, hangat, dan antusias terhadap siswa. Guru juga dapat membangun hubungan yang baik dengan siswa dengan menunjukkan empati, respek, dan penghargaan terhadap mereka.

2. Menetapkan Aturan dan Prosedur yang Jelas

Aturan dan prosedur yang jelas membantu siswa memahami apa yang diharapkan dari mereka dan membantu menjaga agar kelas tetap terorganisir. Guru harus menjelaskan aturan dan prosedur kepada siswa di awal tahun ajaran dan memastikan bahwa mereka dipahami dengan baik.

3. Mengelola Kelas Secara Efektif

Guru yang efektif menggunakan berbagai strategi untuk mengelola kelas mereka, seperti memberikan instruksi yang jelas, memberikan umpan balik yang konstruktif, dan menyelesaikan konflik dengan cara yang positif.

4. Mendorong Keterlibatan Siswa

Siswa yang terlibat dalam pembelajaran lebih mungkin untuk mencapai tujuan pembelajaran mereka. Guru dapat mendorong keterlibatan siswa dengan menggunakan berbagai strategi, seperti pembelajaran aktif, pembelajaran kooperatif, dan penggunaan teknologi.

5. Menilai Kemajuan Siswa

Penilaian yang berkelanjutan membantu guru untuk melacak kemajuan siswa dan mengidentifikasi area yang perlu ditingkatkan. Guru dapat menggunakan berbagai metode penilaian, seperti tes, kuis, proyek, dan portofolio.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun