Mohon tunggu...
Amy Firsta Dewi
Amy Firsta Dewi Mohon Tunggu... Sekretaris - Hukum Universitas 17 Agustus 1945

untuk tugas kuliah

Selanjutnya

Tutup

Ruang Kelas

Pelatihan Digital Marketing dan Pelaksanaan Bazar Minggu Guna Realisasi Pemulihan Ekonomi Pasca Pandemi Covid-19

30 Juni 2022   17:38 Diperbarui: 30 Juni 2022   17:51 23 1 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun

Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) merupakan usaha yang memiliki peran yang cukup tinggi terutama di Indonesia dikarenakan salah satu penyumbang PDB terbesar dan dapat menciptakan lapangan kerja yang cukup banyak. 

Namun akibat pandemi covid-19, pelaku UMKM mengalami penurunan omzet penjualan karena perintah pembatasan jarak oleh pemerintah (social distancing). 

Pelaku UMKM pasti kesulitan dalam mencapai target-target yang harus dicapai saat perekonomian terganggu. Sehingga mempengaruhi jumlah  hasil penjualan. Akibat pandemi Covid-19 terjadi perubahan pola konsumsi barang dan jasa masyarakat dari offline ke online memunculkan kesulitan dalam mencapai target-target yang harus dicapai saat perekonomian belum stabil pasca pandemi COVID-19.

Ditengah pandemi Covid-19, Pengurus Perumahan Swan Regency menyediakan grup di aplikasi Whatsapp, yang dinamakan ‘Swan Market’ berisikan para pelaku UMKM untuk mempromosikan penjualanannya dan sebagai media komunikasi seluruh warga Swan Regency.   

Terdapat banyak masyarakat membuat usaha kecil di rumah dengan berjualan sembako, makanan, frozen food, minuman, bumbu masakan dan pakaian untuk membantu perekonomian keluarga. 

Namun sayangnya, para pelaku UMKM Perumahan Swan Regency masih banyak yang belum memanfaatkan media sosial sebagai alat pemasaran, karena minimnya pengetahuan teknologi. Masyarakat hanya memanfaatkan chat pribadi, grup dan story di whatsapp sebagai sarana untuk mempromosikan penjulanan para pelaku UMKM. 

Sebagian masyarakat belum mengetahui platform media sosial lain seperti Instagram, dan Whatsapp Bussiness untuk memperluas jangkauan pemasaran produk UMKM.

Kegiatan Kuliah Kerja Nyata dilaksanakan pada bulan Mei hingga Juni yang diselenggarakan oleh Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya. Pada periode ini, tema besar yang diusung adalah "Kebangkitan Ekonomi Kerakyatan di Era Endemi" yang salah satu topiknya adalah 'Digitalisasi: UMKM dan Pelayanan Desa'

Pelaksanaan KKN dilaksanakan di Perumahan Swan Regency RW-09 Kelurahan Buncitan. Amy Firsta Dewi kelompok R-24 di bawah bimbingan Ibu Herlina, S.T., M.T. sebagai Dosen Pembimbing Lapangan menyusun dan melakukan sebuah program kerja bagi pelaku UMKM di RW 09 Kelurahan Buncitan.

Dokpri
Dokpri

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ruang Kelas Selengkapnya
Lihat Ruang Kelas Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan