Perkembangan yang semakin canggih dalam bidang IPTEK telah banyak mempengaruhi berbagai aspek yang ada. Hal tersebut tak luput pula mempengaruhi segi pendidikan yang dibutuhkan oleh individu. Pendidikan menjadi suatu hal yang sangat dibutuhkan oleh individu pada saat ini, mereka yang telah berpikir modern berkeyakinan bahwa belajar adalah hal yang harus dilakukan seumur hidup. Hingga pada akhirnya bertujuan untuk dapat mengimbangi perkembangan teknologi dan pengetahuan yang selalu berubah.
Berbagai tantangan dan masalah yang timbul akibat adanya perkembangan IPTEK mengharuskan munculnya suatu ide, gagasan yang baru untuk memecahkan masalah yang ada. Munculnya gagasan dan ide-ide tersebut dapat diperoleh baik dari inverse maupun discovery. Suatu gagasan, ide yang muncul guna pemecahan masalah yang ada dengan harapan atau tujuan yang lebih baik maka hal tersebut merupakan suatu inovasi. Inovasi dilakukan untuk membuat proses interaksi antara pendidik dan peserta didik menjadi lebih efisien dan efektif atau proses pembelajaran.
Pembelajaran dalam hal ini memiliki pengertian serangkaian kegiatan yang dirancang untuk memungkinkan terjadinya proses belajar pada siswa yang akan berpengaruh langsung terhadap hasil belajar siswa. Proses interaksi antara pendidik dan peserta didik dalam pembelajaran bertujuan untuk mencapai hasil belajar dan memiliki pandangan bahwa apa yang yang dipelajarinya bermanfaat bagi individu yang bersangkutan.
Dari uraian di atas, tentang inovasi dan pembelajaran maka dapat disimpulkan apa yang disebut inovasi pembelajaran. Inovasi pembelajaran adalah suatu ide, gagasan, metode, dan cara-cara yang benar-benar baru atau pembaruan dari apa yang sudah ada untuk menciptakan proses pembelajaran yang lebih efektif dan efisien. Dengan adanya inovasi dalam pembelajaran diharapkan akan berdampak pada pembenahan pendidikan yang lebih baik bagi output yang akan diperoleh siswa.