Mohon tunggu...
Amrih Ibnu Wicaksana
Amrih Ibnu Wicaksana Mohon Tunggu... Guru - Guru

mencoba untuk belajar menulis, mohon bimbingannya

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan

Jurnal Refleksi Modul 2.1 Pembelajaran Berdiferensiasi

8 Desember 2022   22:13 Diperbarui: 8 Desember 2022   22:24 383
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Pendidikan. Sumber ilustrasi: PEXELS/McElspeth

Pada jurnal refleksi kali ini saya menggunakan model Six Thingking Hats yang diperkenalkan oleh Edward de Bono pada tahun 1985. Model ini melatih kita melihat satu topik dari berbagai sudut pandang, yang disimbolkan dengan enam warna topi. Setiap topi mewakili cara berpikir yang berbeda, beberapa diantaranya terkadang mendominas cara kita berfikir. Oleh karena itu dengan semakin sering melatih "keenam topi" kita akan dapat mengambil refleksi yang lebih mendalam. Keenam topi tersebut berikut penggunaaannya dalam jurnal refleksi:

  • Topi Putih ( Fact)

Diawali dengan Mulai Diri untuk memberikan pengetahuan awal CGP, dilanjutkan dengan Eksplorasi Konsep bersama CGP lain, Ruang Kolaborasi yang difasilitasi oleh Fasilitator saya serta didampingi Pengajar Praktik, Demonstrasi Kontekstual dengan menyusun RPP Berdeferensiasi, Elaborasi bersama Instruktur Nasional yang dipilih, Koneksi Antar Materi untuk mengaitkan materi ini dengan materi-materi sebelumnya, dan yang terakhir yaitu Aksi Nyata dengan pelaksanaan praktik penerapan RPP Berdeferensiasi didalam pembelajaran yang didapingi oleh Pengajar Praktik.

  • Topi Merah (Feelings)

Saya merasa sangat senang, semangat, antusias bahkan sampai penasaran bagaimana pembelajaran berdeferensiasi itu dan bagaimana penerapannya dalam pembelajaran sehingga bisa mengakomodir keanekaragaman murid. Saya juga merasa bangga dengan apa yang saya rasakan, beruntung bisa mendapatkan ilmu How To Be a Good Teacher tentunya dengan penerapan pembelajaran berdeferensiasi.

  • Topi Kuning ( Benefits)

Dalam modul 2.1  sebagi guru mendapatkan ilmu bagaimana menananggapi/merespon kebutuhan belajar murid, menciptakan lingkungan belajar yang mendukung murid secara penuh, memaksimalkan menajemen kelas secara efektif, dan memilki kurikulum dengan tujuan pembelajaran yang jelas.

  • Topi Hitam (Caution)

Kendala yang saya hadapi pada saat itu yaitu padatnya jadwal kegiatan sekolah yang bersamaan karena awal mula masa pemulihan pasca pembelajaran daring beralih ke tatap muka disekolah sehingga segala kegiatan saling berbenturan akan tetapi dengan manajemen yang baik membuat semua kegiatan berjalan saling beriringan khusunya pembelajaran deferensiasi.

  • Topi Hijau (Creativity)

Menyusun RPP berdeferensiasi agar sesuai dengan kebutuhan dan minat murid khususnya dalam pembelajaran PJOK yang lebih banyak praktik. Tak lupa juga melakukan kreatifitas melalui konten, proses dan produk pada pembelajaran dengan teknologi perkembangan jaman sekarang.

  • Topi Biru (Proses)

Dalam tindak lanjut saya akan mememulai dengan niat dan juga tekad memulai perubahan dari diri sendiri untuk menerapkan pembelajaran diferensiasi dikelas. Tak lupa juga selalu berusaha memperbaiki apa yang menjadi kekurangan pembelajaran deferensiasi sebelumnya agar lebih baik dan memunculak serta memaksimal potensi murid.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun