Mohon tunggu...
Amri Assyidiqi Ghozali
Amri Assyidiqi Ghozali Mohon Tunggu... Mahasiswa Universitas Muhammadiyah Malang

Hidup Hanya sekali hiduplah yang berarti

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud & Agama

Sambut Bulan Ramadan 1442 H, Mahasiswa PMM UMM Melestarikan Tradisi Gugur Gunung

11 April 2021   12:15 Diperbarui: 11 April 2021   12:40 36 1 0 Mohon Tunggu...

Kegiatan Pengabdian oleh Mahasiswa (PMM), Universitas Muhammadiyah Malang, Kelompok 4, Gelombang 3, Dusun Jantur, Desa Gunung Sari, Kecamatan Bumiaji, Kota Batu, yang dibimbing oleh Ibu Nawang Sulistyani M.Pd.. Pada Minggu pagi (11/4), bersama warga Dusun Jantur melaksanakan kegiatan Gugur Gunung di Makam yang berada di wilayah Dusun Jantur, Desa Gunung Sari, Kota Batu. Kegiatan ini dilakukan untuk menyambut datangnya Bulan Suci Ramadhan 1442 H.

Menurut istilah gugur gunung artinya meruntuhkan gunung. Sementara dalam tradisi jawa Gugur gunung adalah kerja bakti / gotong royong di lingkungan masyarakat. Sementara kegiatan Gugur Gunung di Dusun Jantur, Desa Gunung Sari, Kota Batu, menurut pak shofi'i selaku, kepala Dusun Jantur mengatakan "kegiatan Gugur Gunung di Dusun Jantur merupakan kegiatan turun temurun masyarakat sejak zaman nenek moyangnya dahulu, dalam bergotong royong membersihkan makam di wilayah dusun Jantur, pak shofi'i menambahkan tujuan dari kegiatan gugur gunung ini adalah , selain untuk membersihkan makam para leluhur, kegiatan ini bertujuan pula untuk mengingat perjuangan dari  jasa-jasa para leluhur yang telah meninggal. Serta melestarikan tradisi gugur gunung yang setiap tahun ada.

dokpri
dokpri
Tradisi Gugur Gunung Di Dusun Jantur, Desa Gunung Sari, Kecamatan Bumiaji, Kota Batu setiap tahun dilaksanakan selama 2 kali, yakni menjelang hari kemerdekaan 17 Agustus dan Menjelang Bulan Suci Ramadhan. Tradisi gugur gunung di Dusun Jantur, rata-rata diikuti oleh kaum laki-laki dari semua kalangan usia dan berbagai latar belakang, mereka bergotong royong, bersatu padu dalam membersihkan makam para leluhurnya.

dokpri
dokpri
Pada Minggu Pagi tadi mahasiswa PMM UMM, Kelompok 4, Gelombang 3, berkesempatan mengikuti tradisi gugur gunung warga dusun Jantur kegiatan tradisi ini berlangsung di makam di dusun Jantur. Kegiatan tradisi ini meliputi pembersihan makam, mulai dari memotong rumput yang sudah panjang, merapikan tanah makam, hingga mengganti batu nisan yang sudah rusak. Tujuan mengikuti tradisi gugur gunung ini bagi mahasiswa pmm kelompok 4, gelombang 3, bertujuan untuk mengenal tradisi gotong royong masyarakat seperti gugur gunung ini, untuk dapat dilestarikan dalam kehidupan bermasyarakat kelak.  

VIDEO PILIHAN