Lihat ke Halaman Asli

Wijaya Kusumah

Guru Blogger Indonesia

Bagaimana Merencanakan Pembelajaran yang Efektif dan Menyenangkan?

Diperbarui: 1 Agustus 2022   11:13

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Dokpri

Seorang kawan guru bertanya kepada Omjay. Bagaimana merencanakan pembelajaran yang efektif dan menyenangkan?

Untuk bisa melaksanakan pembelajaran yang efektif dan menyenangkan, maka kita harus merencanakan terlebih dahulu. Seperti sutradara film. Sebelum film dibuat, maka ada skenario film yang dibuat oleh penulis skenario film. Skenario ini diperlukan untuk membantu para artis dan aktor film memainkan perannya masing-masing.

Dokpri 

Seorang guru seharusnya mempunyai skenario pembelajaran. Membuat sebuah perencanaan pembelajaran adalah hal yang biasa dilakukan oleh seorang guru. Namun banyak yang belum tahu bagaimana membuat perencanaan dan pelaksanaan pembelajaran yang efektif dan menyenangkan.

Dokpri 

Guru perlu mengetahui langkah-langkah nyata dalam membuat perencanaan pembelajaran yang efektif dan menyenangkan. Guru dan siswa menemukan hal-hal yang menarik dari setiap pertemuan. Adanya modul pembelajaran yang dibuat guru terlebih dahulu akan sangat membantu guru dalam menyampaikan materinya.


Sebenarnya membuat perencanaan pembelajaran bisa dilakukan dengan mudah. Ada banyak contoh yang bisa digunakan. Salah satunya bisa menggunakan template perencanaan pembelajaran yang ada di aplikasi Canva. Para guru bisa menggunakan dan berkolaborasi dengan guru lainnya secara langsung. Jangan lupa untuk membaca buku yang dituliskan orang lain untuk menambah pengayaan guru dalam menyampaikan materi.

Dokpri 

Guru bisa melihat bermacam-macam perencanaan pembelajaran dan menggunakannya. Bahkan guru bisa membuat langsung dari nol dan bisa digunakan untuk guru lainnya. Jangan lupa kasih kesempatan siswa untuk banyak bertanya. Ajak siswa untuk menyampaikan pertanyaan yang menarik untuk dijawab.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline