Lihat ke Halaman Asli

wendy stefani

suka yang namanya travelling

KKN Untag: Penyemprotan Cairan Disinfektan dan Penyuluhan Masyarakat tentang Kesehatan Dimasa Pandemi

Diperbarui: 24 Mei 2021   12:33

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

dokpri

Kegiatan pengabdian kepada masyarakat atau dapat disebut juga KKN Kampung Tangguh UNTAG dimasa Pandemi  COVID 19 kali ini saya lakukan di kampung Rangkah 6/71 RT 003/RW 002 Kelurahan Rangkah Kecamatan Tambaksari kota Surabaya Jawa Timur.
Dilaksanakan mulai tanggal 17 April 2021 sampai dengan 30 Mei 2021. Jenis kegiatan yang akan saya lakukan di kegiatan kali adalah tangguh sosial budaya dengan program kerja berupa penyuluhan tentang kesehatan terhadap masyarakat serta penyemprotan cairan disenfektan ke lingkungan sekitar kampung Rangkah.
Masalah yang saya temukan pada masyarakat diwilayah kampung Rangkah di saat pandemi covid 19 seperti ini adalah kurangnya kesadaran atau kurang peduli terhadap kesehatan mereka sendiri, apalagi disaat kondisi dimana ada banyak virus seperti ini . dan juga kurangnya kegiatan penyemprotan cairan disenfektan secara berkala di lingkungan kampung Rangkah.
Maka dari itu saya melakukan kegiatan untuk memutus mata rantai dari virus covid19. Dan juga semoga apa yang saya lakukan ini dapat memberi manfaat untuk warga setempat.  
1.1Analisis Situasi
Kuliah Kerja Nyata (KKN) berlokasi di kampung Rangkah 6/71 kelurahan Rangkah kecamatan Tambaksari kota Surabaya Jawa Timur. Di kampung Rangkah 6 ini berdekatan dengan kampung Rangkah Rejo, kampung Rangkah Besar, kampung Ploso dan juga kampung Kapas Krampung . Berdasarkan survey yang saya lakukan serta ini juga tempat tinggal saya jadi saya cukup tau mengenai keadaan yang sedang terjadi dikampung Rangkah 6 ini .
 Orang-orang yang kurang peduli terhadap kesehatan meraka karena mayoritas dikampung ini merupakan kalangan menengah kebawah. Mayoritas masyarakat disini sebagai pedagang kecil. Mengingat dimasa pandemi seperti ini seharusnya menjadi tanggung jawab bersama kita bersama untuk memutus mata rantai dari virus COVID 19
1.2 Permasalahan Mitra
Permasalahan yang dialami masyarakat saat ini ada sangat banyak tapi saya hanya menyampaikan beberapa saja. yang pertama adalah kurang pedulinya (aware) masyarakat Rangkah 6 terhadap kesehatan meraka, yang kedua pola hidup mereka yang kurang bersih atau sehat dikarenakan kurangnya ilmu atau pengetahuan yang meraka miliki. Apalagi sekarang ini dalam masa pandemi COVID 19 yang sangat mempengaruhi kegiatan atau aktivitas di sini.  
Kegiatan Kampung Tangguh kali ini saya saya dibimbing oleh Dosen Pendamping Lapangan (DPL) Yaitu: Bapak Dr. Tomy Michael, S.H., M.H.
KKN Kampung Tangguh ini bertujuan untuk mengedukasi masyarakat tentang kesehatan terutama di Kampung Rangkah 6 RT 003 RW 002 agar mereka peduli (aware) terhadap kesehatan apalagi di masa pandemi COVID-19 seperti ini. kegiatan yang saya lakukan yaitu mengedukasi masyarakat secara langsung, Membagikan masker, jamu covid serta penyemprotan Disenfektan ke Lingkungan Kampung Rangkah 6 RT 003 RW 002 dengan tujuan untuk memutus mata rantai dari virus COVID-19.
"saya berharap Setelah Kegiatan  KKN yang saya lakukan ini memberi dampak Positif untuk Masyarakat serta membuka mata masyarakat tentang kesehatan".

#KitaUntagSurabaya

#UntukIndonesia

#UntagSurabayaKeren

#EcoCampus

#KampusKompeten




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline