Lihat ke Halaman Asli

KKN UNDIP: Edukasi Pentingnya Manajemen Risiko dan Strategi Social Media Marketing pada Pengembangan Bisnis UMKM

Diperbarui: 11 Agustus 2022   09:02

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Dok. pribadi

UMKM adalah usaha produktif yang dimiliki oleh perorangan maupun suatu badan usaha yang telah memenuhi kriteria khusus sebagai usaha mikro. Pada dasarnya, UMKM adalah usaha atau bisnis yang dilakukan oleh individu, kelompok, atau badan usaha kecil, maupun rumah tangga, keberadaan UMKM di Indonesia sangat diperhitungkan karena berkontribusi besar bagi pertumbuhan ekonomi. Biasanya, penggolongan UMKM dilakukan dengan batasan omzet pertahun, jumlah kekayaan, aset, serta jumlah karyawan. UMKM dikatakan berpotensi dalam mengembangkan perekonomian di Indonesia yang dalam pelaksanaannya perlu dioptimalkan untuk meningkatkan pembangunan ekonomi masyarakat.

Namun dalam perkembangannya, masih banyak pelaku UMKM yang belum mampu mengembangkan usaha/bisnisnya dengan maksimal. Di Kelurahan Pakintelan sendiri, bisnis UMKM belum berjalan dengan maksimal karena banyaknya keterbatasan yang dimiliki oleh sumber daya manusia, seperti minimnya pengetahuan dan pelaksanaan mitigasi risiko dan pemasaran yang masih dilakukan secara manual/door to door. Untuk itu, Mahasiswa KKN TIM II UNDIP memprakarsai program "Edukasi Pentingnya Manajemen Risiko dan Strategi Social Media Marketing Pada Pengembangan Bisnis UMKM" dengan tujuan membantu para pelaku UMKM mengembangkan bisnisnya, juga mampu bertahan dalam situasi krisis, memperluas pangsa pasar, dan meningkatkan daya saing.

Dok. pribadi

Pelaksanaan program Edukasi Pentingnya Manajemen Risiko dan Strategi Social Media Marketing ini dilakukan dengan metode offline, yaitu dengan mengadakan pertemuan secara rutin dengan para pelaku UMKM yang ada disekitar Kelurahan Pakintelan selama menjalani KKN, kemudian mengadakan sosialisasi di Balai Kelurahan Pakintelan. 

Materi yang disampaikan pada sosialisasi tersebut berisi pengertian risiko, sumber-sumber risiko, pengertian dari manajemen risiko, tujuan manajemen risiko, tahapan manajemen risiko, dan strategi manajemen risiko dalam pengembangan UMKM. Untuk materi social media marketing, berisi cara menentukan target pasar, cara mengoptimalkan media sosial, bagaimana melakukan branding produk, pembuatan konten yang menarik, dan strategi yang efektif dalam memasarkan produk secara online. Output dari program kerja ini berupa booklet yang berisi materi-materi yang telah disampaikan juga grup whatsapp untuk berkoordinasi dengan para pelaku UMKM.

Dok. pribadi

Program kerja yang dilaksanakan oleh Mahasiswa KKN UNDIP berjalan baik dengan harapan para pelaku UMKM dapat semakin mengembangkan usaha/bisnis yang mereka punya, dengan UMKM yang dapat menjangkau pasar yang luas, lebih berdaya saing, serta memahami mitigasi risiko akan kemungkinan-kemungkinan krisis di masa mendatang. Dengan adanya kegiatan KKN ini, diharapkan masyarakat khususnya para pelaku UMKM dapat lebih berinovasi dan kreatif memanfaatkan ketersediaan teknologi informasi, juga mitigasi risiko sebagai solusi dalam mengembangkan bisnis atau usahanya menjadi lebih baik.

Dok. pribadi




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline