Lihat ke Halaman Asli

Ummi Syafirah

Mahasiswa ilmu komunikasi

Relasi Antar Bisnis

Diperbarui: 30 Desember 2020   16:07

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Dokpri

"Bisnis" merupakan individu atau sekelompok orang yang menjual barang atau jasa kepada konsumen agar bisa saling menguntungkan. Sedangkan Dalam kamus besar bahasa Indonesia "relasi" artinya adalah "hubungan"   "orang banyak" yang bisa disimpulkan bahwa relasi merupakan hubungan dengan orang banyak.

Dari bahasa inggris sendiri "business"  memiliki arti yaitu kesibukan, dan bisa dipahami bahwa kesibukan merupakan kegiatan yang dilakukan atau aktivitas dan pekerjaan yang dapat menguntungkan. Biasanya seseorang atau kelompok yang menjalankan bisnis memiliki konsep bisnis tersendiri, untuk mengembangkan bisnisnya, membuat visi dan misi bisnis, juga membuat rencana dari bisnis itu sendiri seperti mencari relasi.

Relasi bisnis merupakan hubungan yang terjalin dan berkaitan dengan bisnis, semua hubungan yang berkaitan dengan bisnis, hubungan dari luar ataupun hubungan dari dalam sudah bisa disebut sebagai relasi bisnis, biasanya awal mula relasi bisnis terjalin karena perkenalan ataupun penjelasan dari porfil suatu perusahaan yang akan dijadikan relasinya.

Biasanya ketika pembisnis ingin mendapatkan relasi mereka memiliki teknik - teknik tersendiri untuk meyakinkan relasinya, seperti lebih menonjolkan diri agar dapat menarik relasi, ketika ingin dibantu cobalah untuk membantu lebih dulu dan bisa jadi akan ada timbal balik atas kejadian ini, kemudian Proaktif untuk membuka diri dengan menampakan kemampuan saat membangun relasi, menggunakan Public Relations juga salah satu cara untuk mendapatkan relasi dimana seorang PR biasanya memang ditugaskan untuk membangun relasi yang baik dengan siapun agar mendapatkan hal ataupun opini positif secara luas terhadap suatu bisnis atau perusahaan yang bersangkutan.

Public Relations memilki peran penting dalam manajement untuk membrandingkan suatu bisnis, agar dapat menempuh tujuan yang sesuai dengan keinginan publik, kemudian bisa sama - sama menerima manfaat. Biasanya keberhasilan seorang PR dalam membrandingkan bisnis atau perusahaannya dapat menjadi poin positif bagi perusahaan mulai dari citra perushaan dan juga dapat meningkatkan sinergi fungsi pemasaran dari suatu bisnis itu sendiri.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline