Lihat ke Halaman Asli

uli mathedu

berkreasilah

MTS Muhammadiyah 1 Malang Pamerkan Media Pembelajaran Berbasis Android

Diperbarui: 17 Januari 2022   15:12

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Dokumentasi pribadi

Pelatihan pembuatan media pembelajaran berbasis android telah dilaksanakan MTS Muhammadiyah 1 Malang dalam rangka mengintegrasikan pendidikan dengan teknologi masa kini.  Pelatihan di bawah koordinator Ibu Siti Khoiruli Ummah, M.Pd mempunyai topik media pembelajaran berbasis Android. Adapun acara pelatihan dibuka oleh ketua tim pengabdian dosen yaitu Bapak Rizal Dian Azmi dan ketua Tim PMM UMM. 

Pemateri pelatihan penyusunan media pembelajaran yaitu Bapak Dr. Moh. Mahfud Effendi, M.M dan Rizky Yahya selaku trainer pembuatan media pembelajaran berbasis Android. media disusun menggunakan power point terlebih dahulu kemudian dikonversi dengan menggunakan web2converter selanjutnya ditambahkan i-spring sebagai aplikasi kuis online. Pelaksanaan pelatihan yaitu pada Bulan Agustus Tahun 2021 dan kegiatan diakhiri dengan penyelenggaraan pameran media pembelajaran secara virtual. 

Guru MTS Muhammadiyah 1 Malang sangat antusias dalam mengikuti pelatihan dan pendampingan. Hal ini terbukti bahwa selama pelatihan berlangsung, guru aktifi bertanya dan mengikuti setiap tahapan pembuatan media pembelajaran berbasis Android. Kepala MTS Muhammadiyah 1 Malang, Ibu Truli Maulida W., MA menyampaikan bahwa kegiatan ini sangat bermanfaat bagi guru karena pembelajaran daring sudah selayaknya mengikuti perkembangan teknologi.

dokumentasi pribadi

Pameran produk media pembelajaran berbasis Android dilaksanakan pada Tanggal 22 Desember 2021 pukul 09.00 melalui aplikasi Zoom. Pameran dihadiri oleh Sekretaris Program Studi Pendidikan Matematika Universitas Muhammadiyah Malang, tim pengabdian dosen dan tim pengabdian mahasiswa serta guru di MTS Muhammadiyah 1 Malang. 

Acara dipandu oleh Mahasiswa Tim PMM Mitra Dosen dari Program Studi Pendidikan Matematika Angkatan 2018 sebanyak 8 orang. Selanjutnya, acara dibuka oleh Sekprodi Pendidikan Matematika yaitu Zukhrufurrohmah, M.Pd dan Ibu Truli selaku kepala madrasah. 

Dokumentasi pribadi

Produk berupa media pembelajaran ditayangkan teasernya dengan durasi 2 menit untuk setiap media. Selanjutnya, Tim PMM mengumumkan juara penyusun media pembelajaran terbaik. 

Media terbaik jatuh kepada Bapak Sony selaku guru mata pelajaran Bahasa Inggris. Aspek pemilihan media terbaik didasarkan pada kemenarikan media, kemudahan media, keterbacaan media, struktur warna yang kontras, dan kedalaman materi. 

Media yang juga disusun dengan kuis online melibatkan aplikasi I-Spring agar tayangan kuis menjadi menarik. Acara ditutup oleh ketua tim pengabdian yaitu Bapak Rizal Dian Azmi, M.Sc dan seluruh pemenang diberikan hadiah berupa uang pembinaan dan sertifikat juara.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline