Lihat ke Halaman Asli

Apakah jenis dari data dalam Metode Penelitian Kepustakaan?

Diperbarui: 10 Mei 2021   17:08

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Apakah jenis dari data dalam Metode Penelitian Kepustakaan?

Oleh: Try Gunawan Zebua

Gunungsitoli, 08 Mei 2021

Defenisi dari Metode Penelitian Kepustakaan telah dibahas pada tulisan sebelumnya yang berjudul: Apakah itu definisi dari Metode Penelitian Kepustakaan (dimana dapat dilihat melalui: https://www.kompasiana.com/trygunawanzebua2508/60819848952ccc473f0b9732/apakah-itu-defenisi-dari-metode-penelitian-kepustakaan).

Metode Penelitian Kepustakaan ini adalah salah satu jenis penelitian yang bisa atau biasa dilakukan oleh orang-orang dalam bidang agama, studi tokoh, studi budaya, studi sejarah, dan Studi naskah. Misalnya dalam bidang agama, metode penelitian kepustakaan dilakukan karena tokoh-tokoh agama pada masa lampau telah tiada atau telah meninggal dunia. Sehingga kita yang hidup pada masa kini hanya bisa melihat atau meneliti mereka melalui kepustakaan atau bahan-bahan kepustakaan, entah itu melalui langsung kitab suci tersebut maupun tulisan yang memperjelas atau menceritakan kitab suci tersebut. 

Studi tokoh adalah salah satu dari jenis penelitian kepustakaan yang meneliti tokoh-tokoh atau sejumlah tokoh-tokoh yang dianggap berpengaruh maupun berdampak, entah pada suatu daerah tertentu atau lingkungan masyarakat tertentu. Misalnya seperti B.J. Habibie yang dapat kita teliti seperti apa beliau melalui tulisan-tulisan atau pemikiran beliau yang beredar di media sosial, melalui tulisan orang lain tentang beliau, maupun secara langsung mendatangi beliau saat beliau masih hidup. Dan lain-lain sebagainya pada jenis metode penelitian kepustakaan yang lain.

Lantas bagaimana itu data yang didapatkan pada metode penelitian kepustakaan?

Apa jenis dari data dalam metode penelitian kepustakaan?

Jenis dari data dalam metode penelitian kepustakaan, yaitu:

1). Berdasarkan sumber data: data primer dan data sekunder. Data berdasarkan sumber data adalah data pada bahan pustaka yang diperoleh berdasarkan sumbernya darimana. 

Data primer dan data sekunder berdasarkan sumber data telah dibahas sebelumnya pada tulisan saya yang berjudul: "Apakah data Primer ada dalam Metode Penelitian Kepustakaan?" (dapat dibaca di: https://www.kompasiana.com/trygunawanzebua2508/5ece6ef3097f3621561bcf63/apakah-data-primer-ada-dalam-metode-penelitian-kepustakaan?page=1).

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline