Lihat ke Halaman Asli

Tia Anggraeni

Perempuan

KKN UMP desa Kaligiri sukses menggelar Penyuluhan Keamanan Pangan dan PIRT

Diperbarui: 3 Maret 2021   16:33

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

        

  Senin (15/2), KKN UMP Desa Kaligiri menyelenggarakan penyuluhan keamanan pangan dan Penyuluhan Perizinan PIRT ( Pangan Industri Rumah tangga) untuk beberapa pelaku UMKM (Usaha Mikro Kecil Menengah) di balai desa Kaligiri. Penyuluhan yang diberikan oleh Dinas Kesehatan Kabupaten Brebes dalam rangka sertifikasi produk pangan industri rumah tangga. Selain memberikan pengetahuan bagi pelaku UMKM mengenai keamanan pangan, penyuluhan tersebut juga merupakan tahapan dari pengajuan sertifikat produk pangan industri rumah tangga (PIRT) yang harus dimiliki oleh setiap pelaku industri kecil rumah tangga.
          Menurut Dhian Irawati salah satu pengisi penyuluhan dari Dinkes Brebes mengatakan dengan memilki PIRT,pelaku usaha memiliki legalitas bahwa produknya telah terjamin kualitas keamanan pangannya, sehingga aman dan dapat dipercaya masyarakat untuk dikonsumsi. “Dengan legalitas PIRT, para pelaku dapat memperluas dalam hal pemasaran dan bisa ekspansi secara besar seperti merambah ke supermarket-supermarket” tuturnya.
         Materi penyuluhan yang disampaikan kepada para pelaku industri kecil yakni mengenai Higiene dan Sanitasi , Bahan Tambahan Pangan, Penjelasan mengenai PIRT dan alur PIRT. Sebelumnya dimulai penyuluhan, para peserta diberikan pre-test terlebih dahulu untuk pengetahuan awal mengenai keamanan pangan, lalu diakhir penyuluhan Dinkes Brebes memberikan post-test bertujuan untuk sejauh mana para peserta mengetahui dan memahami materi yang sudah disampaikan.
          Suksesnya acara penyuluhan ini, tidak terlepas dari berbagai halangan tentunya, koordinasi dengan pihak Dinkes Brebes terus dilakukan dibalik suksesnya acara penyuluhan ini. Karsono selaku sekretaris desa sebagai perwakilan dari kepala desa berharap dengan adanya penyuluhan dari Dinkes Brebes yang difasilitasi oleh anak-anak KKN UMP Kaligiri dapat meningkatkan banyaknya produksi pangan industri kecil guna untuk meningkatkan perekonomian desa dan masyarakatnya, dan produk juga dapat bersaing keluar dan lebih unggul dengan produk diluar sana. Dan juga dapat meningkatkan semangat masyarakat untuk lebih berinovasi lagi dan menciptkan produk pangan yang lebih bervariasi.
           “Alhamdulillah, acara ini berjalan dengan lancar, meskipun kendalanya dalam hal waktu, setelah menyesuaikan waktunya dari pihak Dinkes. Saya berterimakasih karena mereka sudah menyempatkan waktunya untuk datang ke kaligiri dan memberikan penyuluhan ” ucap Dodi selaku koordinator desa KKN Kaligiri. Tujuannya diadakan penyuluhannya ini diharapkan KKN desa Kaligiri 2021 ikut andil dalam mengembangkan usaha kecil yang ada di Kaligiri.
           “Harapannya kedepan, semoga produk-produk khas Kaligiri sudah mempunyai legalitas sehingga bisa maju pesat selama penjualannya, dan juga semoga banyak pelaku usaha kecil lainnya yang muncul”imbuh Dodi. Tentu suksesnya acara ini tak lepas dari Dosen Pembimbing Lapangan, Lukman Akhsani yang selalu memberikan masukan dalam hal apapun. (AA)




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline