Lihat ke Halaman Asli

Taufik Uieks

TERVERIFIKASI

Dosen , penulis buku travelling dan suka jalan-jalan kemana saja,

Rahasia Museum Multatuli yang Tidak Diajarkan di Sekolah

Diperbarui: 1 Juli 2022   14:32

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Patung Multatuli: Dokpri

Sudah lama  sebenarnya saya ingin beranjangsana ke Rangkasbitung dengan tujuan  utama mampir ke Museum Multatuli yang didirikan sejak 2018 lalu.  Kunjungan  terakhir saya ke Rangkas adalah sekitar tahun 2016 atau 2017.

Dari jalan tol Tangerang Merak, kendaraan belok ke kiri di sekitar Km 62 mengikuti arah Rangkasbitung-Tanjung lesung melalui jalan tol yang baru tahun 2021 lalu diresmikan. Asyiknya, jalan tol ini masih sepi kendaraan sehingga dapat melaju lancar menuju Rangkasbitung.

Lokasi museum yang ada tepat di depan alun-alun memang sangat strategis. Tempat parkir juga tersedia luas  di depan alun-alun.

"Museum Multatuli," demikian deretan huruf-huruf besar yang  ada di depan bangunan yang tampak manis berhias pendopo. Di sebelahnya ada  bangunan yang merupakan perpustakaan Saijah  dan Adinda.

Perpustakaan": Dokpri

Nama Saijah dan Adinda mengingatkan saya akan tokoh-tokoh yang diceritakan dalam buku Max Havelaar, karangan Multatuli.

Di pendopo, kami hanya mengisi buku tamu dan tidak dipungut biaya sama sekali.  Pengunjung juga diberi dua buah leaflet yang menjelaskan sekilas  tentang Multatuli dan museumnya.

Mozaik: Dokpri

Gambar Multatuli berbentuk mozaik kaca menyambut di ruang pertama museum. Selain itu ada juga sebuah maket museum dan tulisan; Tugas Manusia adalah Menjadi Manusia.

Di ruangan berikutnya, dipamerkan replika kapal-kapal VOC yang digunakan Belanda zaman dulu dan penjelasan mengenai komoditas rempah-rempah seperti pala, kayumanis, cengkeh dan lada. Di sini, pengunjung dapat mempelajari kembali sejarah masuknya Belanda ke Nusantara dalam rangka mencari rempah-rempah. 

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline